Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Harga Bitcoin ke Level US$30.000 pada Juni 2023, Cek Katalisnya

Investor Bitcoin bisa mengambil investasi jangka panjang dan melakukan diversifikasi aset untuk mengatasi volatilitas harga kripto.
Ilustrasi Bitcoin. Reuters
Ilustrasi Bitcoin. Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kripto masih berada dalam tren penurunan sepanjang Mei. Namun harga Bitcoin diprediksi bisa naik ke kisaran US$30.000 pada Juni 2023. 

Mengutip data Coinmarketcap.com, harga Bitcoin pada perdagangan Jumat (2/6/2023) dalam 24 jam terakhir tercatat naik 0,62 persen. Adapun, dalam sepekan terakhir masih mencatat kenaikan 1,93 persen ke US$26.945.  

Trader Eksternal Tokocrypto Fyqieh Fachrur mengatakan untuk saat ini investor disarankan bijak untuk mengambil sikap tenang. Investor Bitcoin bisa menilai volatilitas yang sideways dan cenderung jenuh. 

"Investor sebaiknya melakukan diversifikasi portofolio dengan menambahkan berbagai aset kripto. Ini dapat membantu mengurangi risiko dan memastikan bahwa portofolio tidak terlalu bergantung pada satu jenis aset saja. Investor juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil pendekatan jangka panjang dalam investasi," jelasnya dalam riset, dikutip Jumat (2/6/2023).

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya, sehingga investor sebaiknya bersiap untuk menghadapi fluktuasi harga jangka pendek dan jangan terlalu terpengaruh oleh pergerakan harian.

"Untuk investor jangka panjang bisa mulai menabung atau DCA [dollar cost averaging] dengan rutin hingga satu tahun ke depan setelah halving Bitcoin. Ini merupakan sentimen yang sangat bagus. Kuncinya adalah konsisten untuk melakukan DCA dan tetap melakukan riset," imbuhnya. 

Sebelumnya, Fyqieh menjelaskan secara teknikal Bitcoin menunjukkan pola mengalami penurunan di harga US$25.000. Namun, dengan adanya pola pembalikan arah ini kemungkinan Bitcoin akan menjumpai harga US$30.000 pada Juni.

"Bitcoin mengalami pullback ke arah resisten line-nya di harga sekitar US$28.069 dan kembali mengalami koreksi setelahnya. Dengan adanya pullback ini berarti investor dan trader melakukan tes apakah bisa breakout dari resisten line-nya dan mengalami lanjutan bullish," paparnya. 

Namun kenaikan yang tinggi ini juga memungkinkan munculnya gelombang koreksi. Untuk penurunan berikutnya Bitcoin kemungkinan akan bergerak di area harga US$27.000-US$27.220 sehingga ini bisa menjadi kesempatan pembelian yang cukup bagus dengan sentimen yang ada. 

Jika Bitcoin mencoba naik kembali dan menembus harga di atas US$28.500 dan candlestick menutup sempurna secara timeframe daily di atas itu, ada potensi Bitcoin mendekati harga US$30.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper