Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Milik Crazy Rich Surabaya (AVIA) Bangun Pabrik Cat Rp750 Miliar

PT Avia Avian Tbk. (AVIA), emiten cat milik crazy rich Hermanto Tanoko akan bangun pabrik baru senilai Rp750 miliar.
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten cat Hermanto Tanoko PT Avia Avian Tbk. (AVIA) menganggarkan belanja modal Rp750 miliar untuk pembangunan pabrik baru yang berlokasi di Cirebon, Jawa Timur. 

Head of Investor Relation Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan anggaran belanja untuk pabrik baru seluruhnya akan ditanggung oleh kas internal. 

“Pabrik dengan kapasitas 225.000 metrik ton akan dibiayai oleh internal kas karena internal kas cukup kuat,” jelasnya saat paparan publik, Jumat (3/11/2023). 

Pabrik yang ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2025 nantinya akan berkapasitas sebesar 100.000 metrik ton terlebih dahulu. Pembangunan pabrik baru dilakukan dengan mempertimbangkan peningkatan volume permintaan produk. 

Direktur Keuangan AVIA Kurnia Hadi Sinanto menjelaskan pembangunan pabrik di Cirebon dilakukan dengan pertimbangan secara historis pertumbuhan dari volume permintaan sebesar 5-6% sepanjang tahun. 

“Dalam kondisi normal akan ada pertumbuhan penjualan 5%-7%. Kami prediksi ada tambahan kapasitas yang kita butuhkan untuk mengantisipasi pertumbuhan penjualan,” jelas Hadi.  

Pada 2025 nanti atau tahap awal, AVIA akan merealisasikan kapasitas sebesar 100.000 metrik ton atau sesuai kebutuhan. Setelah pabrik di Cirebon. Setelah pabrik baru selesai, AVIA merencanakan akan merenovasi pabrik yang sudah ada yaitu di Sidoarjo karena pabrik yang sudah tua. 

Saat ini, AVIA memiliki dua pabrik yang sedang beroperasi. Pabrik Sidoarjo seluas 11 hektar dengan kapasitas produksi lebih dari 213.000 Metrik Ton per tahun. Salah satunya adalah dengan penyediaan Pompa Hydrant kapasitas 1500 gallons per minute, 36 Pilar Box Hydrant dan 325 Unit Alat Pemadam Api Ringan.

Selanjutnya pabrik Serang seluas kurang lebih 4 hektar dengan kapasitas produksi lebih dari 72.000 Metrik Ton per tahun. Pabrik ini berfokus pada produksi Resin, cat berbahan dasar solvent, cat berbahan dasar air, dan mortar.

Adapun hingga saat ini kapasitas pabrik sudah mencapai di atas 60% atau sekitar 172.000 metrik ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper