Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Cat Keluarga Tanoko (AVIA) Bakal Buyback Saham Rp1 Triliun

Emiten cat keluarga Tanoko PT Avia Avian Tbk. (AVIA) akan melakukan pembelian kembali saham (buyback) dengan menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun.
Emiten cat keluarga Tanoko PT Avia Avian Tbk. (AVIA) akan melakukan pembelian kembali saham (buyback) dengan menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun. Istimewa
Emiten cat keluarga Tanoko PT Avia Avian Tbk. (AVIA) akan melakukan pembelian kembali saham (buyback) dengan menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten cat keluarga Tanoko PT Avia Avian Tbk. (AVIA) berencana melakukan pembelian kembali saham (buyback) dengan menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun. Aksi ini masih akan menunggu persetujuan pemegang saham dalam RUPS Desember nanti. 

Manajemen Avia Avian menyebutkan buyback akan dilakukan dengan jumlah maksimal saham yang dibeli sebanyak 1,424 miliar atau sekitar 2,3% dari jumlah modal disetor dan ditempatkan AVIA. 

“Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), AVIA menyiapkan dana pembelian kembali saham sebesar Rp1 triliun,” kata manajemen dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (31/10/2023). 

Buyback akan dilaksanakan dalam kurung waktu 18 bulan sejak disetujuinya aksi korporasi tersebut oleh pemegang saham AVIA atau pada rentang waktu 08 Desember 2023 hingga 07 Juni 2025. 

Tujuan buyback saham, kata manajemen, untuk menciptakan fleksibilitas yang memungkinkan AVIA memiliki mekanisme untuk menjaga kewajaran dan stabilitas harga saham AVIA jika menurut manajemen AVIA harga saham AVIA tidak mencerminkan kondisi nilai, kinerja, dan fundamental AVIA yang sebenarnya.  

Harga saham yang saat ini dinilai belum mencerminkan nilai, kinerja, dan fundamental yang sebenarnya dari AVIA sebagai pemimpin pasar dalam industri cat dekoratif di Indonesia yang memiliki kinerja dan fundamental keuangan yang kokoh, antara lain dengan memperhatikan tingkat Price Earning Ratio (PER) AVIA.  

Sementara itu, pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, saham AVIA parkir Rp494 atau naik 0,82%. Sepanjang perdagangan saham AVIA bergerak di level Rp490-Rp505. 

Menurut manajemen, harga pasar saham AVIA yang berkisar di Rp500 mencerminkan PER di bawah 20 kali, telah mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan historis PER AVIA dalam kurun 1,5 tahun terakhir yang pernah mencapai lebih dari 35 kali, demikian juga menurut pengamatan kami, apabila dibandingkan dengan rata-rata PER industri sejenis di wilayah regional Asia yang mencapai kisaran 30 kali – 50 kali.  

“Pelaksanaan Buyback Saham ini juga diharapkan akan dapat lebih meningkatkan kepercayaan investor serta memberikan tingkat pengembalian yang lebih baik bagi pemegang saham AVIA melalui peningkatan Laba Per Saham (Earning Per Share) AVIA,” kata manajemen. 

Dana buyback akan berasal dari internal kas dan diklaim tidak akan mengganggu kegiatan operasional.

Rapat Umum Pemegang Saham untuk meminta persetujuan rencana korporasi ini akan dilakukan pada tanggal 07 Desember 2023, dan pemanggilan rapat akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper