Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Kain Pel dan Keset (KLIN) Cari Dana via IPO Rp23 Miliar

Calon emiten PT Klinko Karya Imaji Tbk. (KLIN) akan menawarkan sahamnya di harga Rp90-Rp100 per saham.
Calon emiten produsen alat-alat kebersihan PT Klinko Karya Imaji Tbk. (KLIN) berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO. KLIN akan menawarkan sebanyak-banyaknya 230 juta saham baru, dengan nilai nominal Rp10.  Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Calon emiten produsen alat-alat kebersihan PT Klinko Karya Imaji Tbk. (KLIN) berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO. KLIN akan menawarkan sebanyak-banyaknya 230 juta saham baru, dengan nilai nominal Rp10. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Calon emiten produsen alat-alat kebersihan PT Klinko Karya Imaji Tbk. (KLIN) berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO. KLIN akan menawarkan sebanyak-banyaknya 230 juta saham baru, dengan nilai nominal Rp10.

Dalam prospektusnya, jumlah saham yang ditawarkan KLIN ini setara dengan 17,59 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. KLIN akan menawarkan sahamnya di harga Rp90 sampai Rp100 setiap saham.

"Jumlah seluruh nilai penawaran umum adalah sebanyak-banyaknya Rp23 miliar," tulis manajemen dalam prospektus, Selasa (19/7/2022).

Dana yang diperoleh KLIN dari penawaran umum ini sekitar 40 persen akan digunakan untuk pembangunan kantor pusat dan pabrik. Lalu, sekitar 38,75 persen akan digunakan untuk kebutuhan belanja modal berupa penambahan fasilitas produksi berupa mesin-mesin produksi.

Sementara itu, sisanya sekitar 21,25 persen akan digunakan sebagai keperluan modal kerja perseroan, dalam rangka pembelian bahan baku.

Bersamaan dengan IPO ini, perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 57,5 juta Waran Seri I atau sebesar 5,33 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran. Waran ini akan diberikan kepada pemegang saham, dengan ketentuan setiap pemegang 4 saham baru, akan memperoleh satu waran seri I.

Perkiraan masa penawaran awal IPO ini adalah pada 20-25 Juli 2022, perkiraan tanggal efektif pada 29 Juli 2022, dan perkiraan masa penawaran umum pada 2-5 Agustus 2022. Lalu perkiraan tanggal penjatahan pada 5 Agustus 2022, tanggal distribusi secara elektronik pada 8 Agustus 2022, dan perkiraan tanggal pencatatan di BEI pada 9 Agustus 2022.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam IPO ini adalah PT Elit Sukses Sekuritas.

Sebagai informasi, Klinko merupakan perusahaan yang berkedudukan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang didirikan pada 2016. Perseroan memulai usahanya pada bidang produksi alat kebersihan, yaitu kain pel sebanyak 5.000 pcs per bulan.

Saat ini, perseroan memproduksi produk kebersihan mulai dari kain pel (mop), keset, dan berbagai macam serbet. Perseroan menjual produk-produk tersebut dengan brand sendiri, yakni Klinko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper