Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soechi Lines (SOCI) Buyback Global Bond Hingga Rp1,97 Triliun

emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. memulai proses penawaran tender untuk membeli kembali sebanyak-banyaknya US$140 juta jumlah pokok obligasi berdenominasi dolar AS. Jumlah tersebut setara hampir Rp2 triliun bila dikonversi ke rupiah/
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan./soechi.com
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan./soechi.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. akan melakukan pembelian kembali atau buyback pokok surat utang berdenominasi dolar AS yang akan jatuh tempo pada 2023.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Soechi Lines Paula Marlina mengatakan buyback pokok surat utang tersebut dilakukan melalui Soechi Capital Pte. Ltd. entitas anak perseroan selaku penerbit surat utang. Soechi Lines merupakan pihak penjamin atas surat utang yang diterbitkan tersebut.

“[Buyback pokok obligasi] Merupakan bagian dari pengelolaan kewajiban perseroan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian, diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha perseroan dan/atau entitas anak perseroan dalam jangka panjang,” tulis Paula dalam keterbukaan informasi, Kamis (3/12/2020).

Emiten dengan kode saham SOCI ini telah memulai proses penawaran tender untuk membeli kembali sebanyak-banyaknya US$140 juta jumlah pokok yang terutang dari obligasi berdenominasi dolar AS. Dengan kurs Rp14.140, nilai tersebut setara dengan Rp1,97 triliun. Adapun, surat utang global milik SOCI tersebut memiliki tingkat bunga 8,375 persen per tahun dan akan jatuh tempo pada 2023.

Selain itu, SOCI juga telah memulai proses permohonan persetujuan kepada para pemegang obligasi global tersebut untuk menyetujui perubahan tertentu atas ketentuan yang diatur dalam Indenture tertanggal 31 Januari 2018.

Seiring dengan kedua proses yang disebut rencana transaksi itu, SOCI juga telah menandatangani Dealer Manager Agreement dengan Soechi Capital dan Standard Chartered Bank (Singapore) Ltd. Proses penawaran tender dan permohonan persetujuan ini akan berakhir pada 8 Desember 2020 kecuali ditentukan lain.

Dalam publikasi terbaru, Fitchs Ratings menegaskan peringkat B dengan outlook stabil untuk surat utang berdenominasi dolar AS milik SOCI tersebut.

Fitch menyebut SOCI berencana menggunakan pinjaman perbankan senilai US$100 juta untuk membeli kembali obligasi tersebut agar dapat menerima pinjaman yang baru.

“Fasilitas pinjaman yang baru mengharuskan setidaknya obligasi senilai US$100 juta dibeli kembali agar pinjaman baru dapat disalurkan,” tulis Fitch.

Pinjaman baru senilai US$77 juta disebut akan digunakan SOCI untuk mendanai ulang (refinancing) surat utang yang akan jatuh tempo pada 2021. Dengan demikian, Fitch memandang transaksi ini bukan sebagai pertukaran utang untuk menghindari kebangkrutan maupun gagal bayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper