Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BLES Rampung, Hermanto Tanoko Bakal Bawa IPO 2 Perusahaan Lagi

Hermanto Tanoko menyebutkan akan membawa dua perusahaan lagi melantai di Bursa pada tahun ini usai sukses menggelar IPO PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES).
Hermanto Tanoko menyebutkan akan membawa dua perusahaan lagi melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini usai sukses menggelar IPO PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES). Bisnis Indonesia/ Artha Adventy.
Hermanto Tanoko menyebutkan akan membawa dua perusahaan lagi melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini usai sukses menggelar IPO PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES). Bisnis Indonesia/ Artha Adventy.

Bisnis.com, JAKARTA — Bos Avia Avian, Hermanto Tanoko menyebutkan akan membawa dua perusahaan lagi melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini usai sukses menggelar IPO PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES).

Hermanto Tanoko menjelaskan saat ini terdapat dua perusahaan yang berada di pipeline. Dua perusahaan tersebut rencananya akan melantai di Bursa di tahun ini.

“Tahun ini dua, edukasi dan satu lagi bahan bangunan. Yang edukasi sudah make money, sudah untung. Saya tidak akan masuk kalau masih rugi,” kata Hermanto saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (8/7/2024).

Lebih lanjut, Hermanto mengatakan perusahaan yang IPO akan dilepas sebanyak 15-20% ke publik. Meski tidak dapat merincikan besaran dana yang dibidik serta aset yang dimiliki 2 perusahaan ini, Hermanto membidik IPO akan dilakukan pada kuartal IV/2024.

“Masih digodok. Lihat nanti lah,” lanjutnya.

Hermanto Tanoko sendiri telah membawa delapan emiten melantai di Bursa. Emiten tersebut terdiri dari berbagai industri seperti bahan bangunan, retail serta Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). 

Berdasarkan catatan Bisnis, portofolio Crazyrich Surabaya ini terdiri dari 5 sektor.

Tanoko melalui Grup Tancorp memiliki saham perusahan air mineral PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) yang mulai melantai di Bursa Efek Indonesia pada 5 Mei 2017. Mengutip dari RTI, PT Tancorp Global Abadi memiliki sebanyak 6,69 miliar saham atau 55,79%.

Lalu, PT Tancorp Global Sentosa juga memiliki 2,53 miliar atau setara 21,09 persen dari seluruh saham. Keduanya merupakan pengendali produsen air mineral CLEO.

Selanjutnya sektor properti yaitu PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE) yang listing pada 9 Juli 2018. Saat ini, PT Tancorp Global Sentosa memiliki saham sebanyak 8,78 miliar atau 80,3% serta menjadi pengendali RISE.

Kemudian, industri bahan bangunan yaitu seperti PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK), PT Avia Avian Tbk. (AVIA), dan PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES).

PT Tancorp Bangun Indonesia sendiri menjadi pengendali CAKK yang melantai di Bursa pada 31 Oktober 2018, dengan total kepemilikan mencapai 752,6 juta saham atau 62,54%.

Sedangkan pada PT Avia Avian Tbk. (AVIA) yang listing pada pada 8 Desember 2023 dengan menawarkan 6,20 miliar saham di harga Rp930 per lembar, PT Tancorp Surya Sontosa menggenggam 36,60% saham.

Kemudian di industri retail yaitu PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) yang listing pada 25 November 2021. Emiten yang bergerak pada bidang retail bahan bangunan. PT Tancorp Surya Sukses menjadi pengendali dengan kepemilikan 1,59 miliar saham atau setara dengan 23,5% dari total saham yang beredar.

Selanjutnya PT Mega Perintis Tbk. (ZONE), ritel fesyen yang terkenal dengan merek Manzone.

Crazy Rich Surabaya ini juga mencatatkan PT Penta Valent Tbk. (PEVE) yang telah melantai di Bursa pada Januari 2023. PEVE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor produk farmasi,dan konsumsi.

__________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper