Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Loyo Jelang Pengumuman KPU, Saham Prajogo Pangestu & Boy Thohir Pesta Cuan

IHSG ditutup melemah menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU hari ini, Rabu (20/3). Meski begitu, saham Prajogo Pangestu dan Boy Thohir terpantau cuan.
IHSG ditutup melemah menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU hari ini, Rabu (20/3). Meski begitu, saham Prajogo Pangestu dan Boy Thohir terpantau cuan. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
IHSG ditutup melemah menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU hari ini, Rabu (20/3). Meski begitu, saham Prajogo Pangestu dan Boy Thohir terpantau cuan. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah ke 7.331,12 pada perdagangan hari ini, Rabu (20/3/2024) detik-detik menjelang pengumuman hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sore ini. Saham konglomerat Prajogo Pangestu dan Boy Thohir pesta cuan.

Berdasarkan data RTI Business pukul 16.00 WIB, IHSG turun 0,08% atau 5,61 poin ke level 7.331,12 pada perdagangan hari ini. Sepanjang sesi, IHSG bergerak pada rentang 7.295,35 hingga 7.343,46.

Terpantau 213 saham menguat, 296 saham melemah, dan 261 saham bergerak di tempat. Kapitalisasi pasar terpantau menjadi Rp11.771 triliun.

Dari jajaran saham kapitalisasi pasar jumbo atau big cap, saham konglomerat Prajogo Pangestu PT Chandra Asri Pacific Tbk. (TPIA) memimpin dengan kenaikan 6,54% ke level Rp5.700. Disusul PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) yang menguat 0,93% ke posisi Rp5.400 per saham.

Saham konglomerat di lingkaran pendukung Prabowo-Gibran bervariasi. Misalnya, saham Garibaldi 'Boy' Thohir, PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) naik 0,44% ke level Rp2.260, diikuti PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) naik 0,76% ke level Rp2.650 per saham.

Di lain sisi, saham Grup Bakrie PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) juga menguat 3,45% ke level Rp60 per saham. Namun saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) stagnan di level Rp86 per saham.

Sementara itu, saham Kaesang Pangarep PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP) ambles 2,81% ke level Rp346 per saham pada sore ini.

Adapun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera hasil Pemilu 2024 ditetapkan pada Rabu (20/3/2024) sore ini, usai menyelesaikan seluruh rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat nasional. Hasil sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul atas Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Tim analis Phintraco Sekuritas menyampaikan dari dalam negeri, sentimen yang memengaruhi pasar saham ialah sikap investor masih wait and see terkait rilis data suku bunga Bank Indonesia yang dijadwalkan pada Rabu (20/3/2024).

Bank Indonesia (BI) telah memutuskan suku bunga pada level 6%, keputusan ini mencerminkan sikap kehati-hatian BI di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang relatif stabil.

"Selain itu, di hari yang sama akan diumumkan hasil pemilu 2024, yang menandai akhir dari periode pesta demokrasi dan mengurangi uncertainty risk di pasar," jelas tim Phintraco Sekuritas. 

________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper