Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 7 Desember 2023

Kurs rupiah terhadap dolar AS hari ini, Kamis (7/12/2023), berpotensi mengalami rebound setelah kemarin mengalami pelemahan.
Warga memegang sejumlah uang rupiah di Pasar Petisah, Medan, Sumatra Utara pada Minggu (29/1/2023). - Bloomberg/Dimas Ardian
Warga memegang sejumlah uang rupiah di Pasar Petisah, Medan, Sumatra Utara pada Minggu (29/1/2023). - Bloomberg/Dimas Ardian
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA – Kurs rupiah terhadap dolar AS hari ini, Kamis (7/12/2023), berpotensi mengalami rebound setelah kemarin mengalami pelemahan.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (6/12/2023). Pada saat yang sama, dolar AS justru terpantau melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 11 poin atau 0,07% menuju level Rp15.494 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS terpantau melemah 0,14% ke posisi 103,90.

Sementara itu, mata uang lain di kawasan Asia mayoritas ditutup bervariasi. Won Korea, semisal, turun 0,13%, sedangkan Yen Jepang menguat 0,12%, dan yuan China melemah 0,13%. Adapun baht Thailand menguat 0,40%, dan ringgit Malaysia melemah 0,12%.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan pergerakan nilai tukar rupiah pada Kamis (7/12/2023) akan tetap bergerak fluktuatif tetapi kembali ditutup menguat di rentang Rp15.460 – Rp15.550. 

Menurutnya  data JOLTs menunjukkan lowongan pekerjaan di AS menurun pada Oktober. Hal ini meningkatkan harapan sekaligus membatasi ruang The Fed untuk mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama.

“Meskipun pasar yakin bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga lagi, ketidakpastian mengenai kapan tepatnya bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga pada tahun 2024 masih menjadi faktor utama ketidakpastian,” ujarnya Rabu (6/12/2023).

Dia menilai bahwa perekonomian AS yang tetap tangguh diperkirakan menjaga inflasi tetap stabil, sementara pasar tenaga kerja mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mereda dibandingkan perkiraan.

Para pedagang memperkirakan kemungkinan lebih dari 50% bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga paling cepat pada Maret 2024. Namun, bank sentral sebagian besar mempertahankan retorikanya yang lebih tinggi untuk jangka panjang.

Dari dalam negeri, tingkat inflasi pada Desember 2023 diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah Natal dan tahun baru, sehingga secara siklus inflasi di akhir tahun cenderung naik terutama pada produk yang sifatnya bahan pangan.

Oleh karena itu, pemerintah diminta mewaspadai inflasi pangan karena Indonesia baru mengalami badai El Nino. Di samping itu, pemerintah juga perlu mewaspadai inflasi karena naiknya permintaan di tengah penyelenggaraan kampanye menuju pemilu 2024.

11:01 WIB
Obat Bagi Rupiah

Bank Indonesia (BI) telah memiliki sejumlah tameng untuk menjaga nilai tukar rupiah, seperti Devisa Hasil Ekspor (DHE), Sekuritas Rupiah BI, sekuritas valuta asing BI (SVBI), dan sukuk valuta asing BI (SUVBI). 

Nyatanya, cadangan devisa RI tetap terkuras dalam tiga bulan terakhir untuk menjaga rupiah agak tidak longsor. 

Posisi cadangan devisa Bank Indonesia per Oktober 2023 tercatat senilai US$133,1 miliar, atau turun dari posisi September US$134,9 miliar. Artinya, BI telah menyalurkan cadangan devisa sekitar US$1,8 miliar untuk menahan nilai tukar rupiah agar tak anjlok. 

Kepala Ekonom Bank Pertama Josua Pardede mengungkapkan hadirnya instrumen penjaga rupiah melalui term deposit (TD) valas DHE sudah cukup membantu karena menawarkan return yang kompetitif sehingga banyak yang kembali menempatkan dananya di dalam negeri.Alhasil, cadangan devisa pun tak terkuras lebih banyak. 

Pada dasarnya, TD valas DHE memang menawarkan tenor jangka pendek yakni, 1, 3, dan 6 bulan sehingga tidak akan mengganggu aturan kebebasan aliran dana pada pasar keuangan. 


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper