Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cum Dividen Hari Ini, Pertamina Geothermal (PGEO) hingga SGER

Ada 7 emiten yang menetapkan hari terakhir membeli saham untuk mendapatkan hak mengantongi dividen atau cum dividen.
Ada 7 emiten yang menetapkan hari terakhir membeli saham untuk mendapatkan hak mengantongi dividen atau cum dividen. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ada 7 emiten yang menetapkan hari terakhir membeli saham untuk mendapatkan hak mengantongi dividen atau cum dividen. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) dan sejumlah emiten lainnya menetapkan tanggal cumulative dividend (cum dividen) pada hari ini, Selasa (13/6/2023).

Cumulative dividen atau yang kerap disingkat cum dividen adalah tanggal bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari sebuah emiten. Bila pembelian saham setelah melewati jadwal cum date investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Jadwal cum date juga hanya berlangsung selama satu hari sehingga pada periode yang singkat ini investor akan berlomba supaya namanya tercatat sebagai penerima hak dividen. Terdapat kemungkinan pada tanggal cum date harga sebuah saham akan meningkat.

Mengutip data Kustodian Efek Indonesia (KSEI), Senin (12/6/2023), setidaknya ada tujuh emiten yang akan menetapkan hari terakhir membeli saham untuk mendapatkan hak mengantongi dividen atau cum dividen. 

Pertama, ada PT Sumber Global Energy Tbk. (SGER) yang akan membagikan dividen senilai Rp37,08 per saham atau total Rp152,30 miliar. Rencananya, SGER akan membayarkan dividen pada 7 Juli 2023. 

Kedua, ada PT Kabelindo Murni Tbk. (KBLM) membagikan dividen senilai Rp8 per saham atau total dividen tunai untuk tahun buku 2022 sebesar Rp8,96 miliar. KBLM bakal membayarkan dividennya pada 7 Juli 2023. 

Ketiga, ada PT Segar Kumala Indonesia Tbk. (BUAH) yang bakal membagikan dividen senilai Rp14 per saham atau total dividen tahun buku 2022 senilai Rp14 miliar. BUAH akan membayarkan dividen pada 7 Juli 2023. 

Keempat, ada PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) akan membagikan dividen senilai Rp10,87 per saham dari total dividen tahun buku 2022 senilai US$30 juta atau setara dengan Rp467,76 miliar. Entitas Grup Pertamina ini akan membayarkan dividen pada 7 Juli 2023. 

Kelima, emiten PT Wijaya Cahaya Timber Tbk. (FWCT) akan menebar dividen senilai Rp2 per saham dari total dividen yang akan dibagikan senilai Rp3,75 miliar. FWCT akan membayarkan dividennya kepada pemegang saham pada 6 Juli 2023.

Keenam, emiten PT Emdeki Utama Tbk. (MDKI) siap menyetor dividen tunai sebesar Rp25,30 miliar atau senilai Rp10 per saham. MDKI bakal membayarkan dividen tunainya kepada pemegang saham pada 7 Juli 2023. 

Terakhir, PT  Indo Acidatama Tbk. (SRSN) sepakat menebar dividen total senilai Rp6,02 miliar atau dividen senilai Rp1 per saham. SRSN akan membayarkan dividennya pada 7 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper