Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petrosea (PTRO) Akuisisi Pemilik Tambang Batu Bara di Kaltim Rp1,3 Triliun

Petrosea (PTRO) menargetkan transaksi akuisisi Kemilau Mulia Sakti selesai pada 30 Juni 2023.
Aktivitas kontrak pertambangan PT Petrosea Tbk. (PTRO)/petrosea.com
Aktivitas kontrak pertambangan PT Petrosea Tbk. (PTRO)/petrosea.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten kontruksi pertambangan PT Petrosea Tbk. (PTRO) bersiap mengakuisisi PT Kemilau Mulia Sakti yang memiliki tambang batu bara di Kalimantan Timur. Nilai transaksi akuisisi ini sebesar US$90,50 juta setara Rp1,33 triliun. 

Direktur Petrosea Aldi Rakhmatillah mengatakan perseroan pada 10 Mei 2023 telah menandatangani perjanjian pengikatan jual beli saham bersyarat (PPJB) dengan PT Insan Global Pawulang dan Kemilau Mulia Sakti di Jakarta.

Insan Global Pawulang adalah pemilik 35,58 miliar saham yang mewakili 99,93 persen kepemilikan saham Kemilau Mulia Sakti. Adapun, Kemilau Mulia Sakti merupakan pemegang 4.950 saham di PT Cristian Eka Pratama yang bergerak di bidang operasi penambangan batu bara dan pemegang izin usaha pertambangan-operasi produksi (IUP-OP)). Wilayah operasinya terletak di Kecamatan Kering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

“PPJB dengan Insan Global Pawulang adalah rencana pembelian saham setara 99,93 saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Kemilau Mulia Sakti,” kata Aldi dalam keteranganya, Jumat (12/5/2023).

Penyelesaian transaksi ini tunduk pada beberapa persyaratan pendahuluan (conditional precedence) dengan tanggal akhir penyelesaian maksimal 30 Juni 2023. Tenggat waktu ini dapat diperpanjang jika diperlukan tambahan waktu pemenuhan kondisi prasyarat.

Hubungan transaksi antara PTRO, Insan Global Pawulang dan Kemilau Mulia Sakti adalah bukan afiliasi. Transaksi ini tidak berdampak negatif terhadap kegiatan usaha PTRO.

“Tujuan transaksi ini adalah untuk melakukan diversifikasi kegiatan usaha perseroan dengan pengembangan usaha di sektor pertambangan batu bara,” jelas Aldi.

Berdasarkan laporan keuangan Petrosea, pada tiga bulan pertama tahun ini total pendapatan PTRO meningkat 33,84 persen menjadi US$128,21 juta atau setara dengan Rp1,92 triliun dari US$95,79 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat 41,63 persen menjadi US$2,95 juta atau setara dengan Rp44,28 miliar dari US$2,09 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pencapaian ini terutama di dukung oleh peningkatan aktivitas operasional di lini bisnis Engineering, Procurement & Construction [EPC] dan Kontrak Pertambangan yang masing- masing meningkat sebesar 51,73 persen dan 40,17 persen," ujar Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan Indrawan dalam keterangan pers, Selasa (2/5/2023).

Pada periode ini, Petrosea juga menandatangani perjanjian fasilitas kredit dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bertindak sebagai mandatory lead arranger & bookrunner senilai US$91,5 juta dan Rp1,45 triliun dengan tenor 60 bulan.

"Fasilitas in akan digunakan untuk membiayai kegiatan pengembangan usaha melalui akuisisi dan investasi aset pertambangan serta untuk memperkuat modal kerja Perusahaan," jelasnya.

Di samping pertumbuhan pendapatan dan laba, pada kuartal pertama tahun ini PTRO juga mencatat kenaikan beban usaha langsung perseroan yang naik 33,06 persen dari US$83,78 juta di kuartal I/2023, menjadi US$111,48 juta di kuartal I/2023.

PTRO juga tercatat mengalami kenaikan beban admistrasi sebesar 42,17 persen mejadi US$10,87 juta. Beban bunga dan keuangan juga tercatat naik menjadi US$2,47 juta dari sebelumnya US$1,22 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper