Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Hasil RUPST SMGR dan Kenaikan Pesat Saham CHIP usai IPO

Hasil RUPST Semen Indonesia (SMGR) dan kenaikan saham CHIP menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) mengumumkan adanya perubahan susunan Komisaris dan Direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) mengumumkan adanya perubahan susunan Komisaris dan Direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Market Bisnis.com mencermati berita hasil RUPST Semen Indonesia (SMGR) yang diselenggarakan pada Senin (17/4/2023).

Dalam RUPST tersebut diputuskan perombakan susunan direksi dan komisaris perseroan serta pembagian dividen senilai Rp1,65 triliun.

Pembaca juga banyak membaca artikel mengenai peningkatan saham PT Pelita Teknologi Global Tbk. (CHIP) sejak IPO.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. RUPS Semen Indonesia (SMGR) Rombak Direksi dan Komisaris

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) mengumumkan adanya perubahan susunan Komisaris dan Direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (17/4/2023).

Direktur Utama SMGR Donny Arsal mengatakan RUPST memberhentikan dengan hormat Astera Primanto Bhakti sebagai Komisaris, dan Aas Asikin Idat sebagai Komisaris Independen. Posisi mereka masing-masing digantikan oleh Yustinus Prastowo dan Saor Siagian.

2. Hasil RUPS Semen Indonesia (SMGR), Dividen Rp1,65 Triliun

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) bakal membagikan dividen sebesar Rp1,65 triliun atau setara 70 persen dari laba bersih tahun buku 2022.

GM of Corporate Communication SMGR Arif Gunawan mengatakan para pemegang saham telah sepakat untuk membagikan dividen sebesar Rp1,65 triliun melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) hari ini, Senin (17/4/2023).

Nilai dividen tersebut setara 70 persen dari laba bersih 2022. Adapun sisa Rp709 miliar atau 30 persen dari laba bersih akan digunakan sebagai laba yang ditahan dan juga cadangan lainnya.

3. Naik 1.000 Persen sejak IPO, Siapa Motor di Balik Naiknya Saham CHIP?

Emiten produsen sim card PT Pelita Teknologi Global Tbk. (CHIP) mencatatkan peningkatan saham hingga 1.012 persen sejak IPO hingga saat ini. Saham CHIP tercatat dikendalikan oleh PT Karya Permata Berkat Jaya (KPBJ).

Berdasarkan prospektusnya, pemegang saham pengendali CHIP adalah Andrew Seliang dan Calvin Seliang melalui PT Karya Permata Berkat Jaya (KPBJ) dengan jumlah kepemilikan 48.048 saham atau sebesar 79,28 persen dari seluruh modal disetor dan ditempatkan perseroan.

4. Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini Makin Perkasa

Nilai tukar rupiah hari ini, Senin (17/4/2023), berpotensi menguat hingga ke rentang Rp14.680—14.740 berkat sejumlah sentimen positif menjelang libur panjang.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan rupiah akan dibuka fluktuatif pada perdagangan Senin (17/4/2023), tetapi ditutup menguat ke Rp14.680—14.740.

Ibrahim menyebutkan pergerakan rupiah dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Dari sisi eksternal indeks harga produsen (PPI) Amerika Serikat untuk permintaan akhir turun 0,5 persen pada Maret 2023

5. ANTM dan PTBA Bakal Gelar RUPS Bulan Depan, Tunggu Hilal Dividen

Dua emiten tambang BUMN anak usaha MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu, 24 Mei 2023.

Investor tentunya berharap putusan guyuran dividen dalam RUPS. Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), pemanggilan rapat akan diumumkan pada Selasa, 2 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper