Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Nilai Tukar Rupiah dan Selera Investor Asing ke GOTO usai Rilis Lapkeu

Nilai tukar rupiah dan GOTO menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di salah satu money changer, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di salah satu money changer, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku pasar modal mencermati nilai tukar rupiah terhadap dolar sepanjang Senin (3/4/2023).

Nilai tukar rupiah diprediksi diwarnai fluktuasi dolar AS di tengah lonjakan harga minyak. Selain itu, artikel mengenai aksi investor asing yang terus memburu saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) usai menerbitkan laporan keuangan juga menjadi perhatian investor.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 3 April 2023

Nilai tukar rupiah hari ini berpeluang diwarnai fluktuasi dolar AS di tengah lonjakan harga minyak akibat keputusan secara mendadak OPEC+ untuk memangkas produksi. Rupiah juga akan terpengaruh data inflasi Indonesia untuk Maret 2023 yang dirilis hari ini.

Harga minyak melonjak pada Senin (3/4/2023) setelah Arab Saudi dan produsen minyak OPEC+ lainnya mengumumkan pengurangan produksi lebih dari 1 juta barel per hari, yang berpotensi mengancam inflasi global.

Mengutip data Bloomberg, pada 08.30 WIB, minyak West Texas Intermediate (WTI) melonjak 5,10 persen ke posisi US$79,53 per barel, sementara minyak Brent naik 5,03 persen ke level US$83,91 per barel.

2. Harga Emas Hari Ini Senin 3 April 2023, Investor Beralih ke Dolar AS

Harga emas berisiko tertekan pada Senin (3/4/2023) menyusul aksi beli dolar AS karena meredanya kekhawatiran krisis perbankan di Paman Sam.

Laporan Monex Investindo Futures menyebutkan harga emas berpeluang bergerak turun menguji level support US$1.953. Harga emas tertekan aksi beli dolar AS.

"Harga emas tertekan dipicu oleh aksi beli dolar AS di tengah meredanya kekhawatiran krisis perbankan berpeluang menekan turun harga emas," papar Monex.

3. Usai Terbitkan Laporan Keuangan, Selera Investor Asing pada GOTO Membesar

Investor asing terus memburu saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) usai perseroan menerbitkan laporan keuangan tahunan. Mengacu pada data RTI, investor asing memasang posisi beli selama Maret kemarin.

Hal itu bertepatan dengan waktu penerbitan kinerja keuangan perseroan. Meskipun masih membukukan rugi bersih sampai dengan Rp39,57 triliun. Hal itu tidak menurunkan selera investor asing membeli saham teknologi tersebut.

4. Sejarah Tercipta, Smartfren (FREN) Cetak Laba Bersih Rp1 Triliun

PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mampu membukukan laba pertamanya berkat adanya kontribusi pendapatan dari lini usaha baru.

Direktur FREN Gisela Lesmana mengatakan lini usaha baru seperti enterprise solutions mulai memberikan kontribusi sehingga dapat mendongkrak pendapatan usaha. Di samping itu pendapatan konvensional seperti segmen data, non-data, dan interkoneksi juga turut mengalami pertumbuhan.

Dia mengatakan dari sisi EBITDA emiten telekomunikasi grup Sinar Mas tersebut tumbuh hingga 22 persen. Sementara margin EBITDA tercatat hampir mencapai 45 persen pada 2022. Margin EBITDA tersebut meningkat dari 39 persen pada 2021.

5. Bahan Bakar Laju Panas Saham Medco (MEDC), Siap-siap Return Jumbo?

Pergerakan saham emiten minyak dan gas (migas), PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC), memanas bersamaan dengan harga minyak mentah dan kinerja ciamik perseroan pada 2022. Harga saham MEDC langsung tancap gas menguat 65 poin pada sesi pembukaan Senin (3/4/2023).

Sampai dengan akhir sesi pertama, pergerakan menguat 45 poin atau 4,46 persen ke level Rp1.055. Perusahaan milik Keluarga Panigoro itu juga menjadi incaran investor kakap. Salah satunya BlackRock Inc. yang tancap gas memborong saham MEDC akhir pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper