Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Air Minum Hexsoul (SOUL) Mau IPO, Incar Dana Rp29 Miliar

Emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), PT Mitra Tirta Buwana Tbk. bakal melaksanakan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).
Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), PT Mitra Tirta Buwana Tbk. bakal melaksanakan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham sebanyak-banyaknya 270 juta saham atau 24,94 persen dari total saham ditempatkan dan disetorkan perseroan.

Mengutip prospektusnya, produsen air galon asal Yogyakarta ini bakal melepas 270 juta saham baru dengan nilai nominal Rp20. Adapunm, harga penawaran berkisar antara Rp100 hingga Rp110 setiap sahamnya.

Artinya, jumlah penawaran IPO ini sekurang-kurangnya Rp27 miliar dan sebanyak-banyaknya Rp29,7 miliar.

Sebagai pemanis, bersama IPO, calon emiten berkode SOUL ini berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 67,5 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 8,31 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. Setiap pemegang 4 saham baru Perseroan berhak memperoleh 1 Waran Seri I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 1 tahun. Waran Seri I adalah efek yang diterbitkan oleh Perseroan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memesan Saham Biasa Atas Nama Perseroan yang bernilai nominal Rp20 setiap sahamnya dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp100.

Waran dapat dikonversi menjadi saham 6 bulan sejak Waran Seri I diterbitkan sampai dengan 12 bulan berikutnya, yang berlaku mulai 5 Juli 2023 sampai dengan 5 Juli 2024.

Pemegang Waran Seri I tidak mempunyai hak sebagai pemegang saham termasuk hak dividen selama Waran Seri I tersebut belum dilaksanakan menjadi saham.

Apabila Waran Seri I tidak dilaksanakan sampai habis masa berlakunya, maka Waran Seri I tersebut menjadi kedaluwarsa, tidak bernilai dan tidak berlaku. Masa berlaku Waran Seri I tidak dapat diperpanjang lagi.

Total dana dari Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp6,75 miliar.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek yakni PT Shinhan Sekuritas Indonesia. Sementara, penjamin emisi efek ditentukan kemudian.

Adapun, penggunaan dana IPO bakal dipakai Rp5 miliar atau 16,83 persen pembangunan fasilitas pabrik baru pengolahan air mineral di Sleman dari tahap persiapan hingga penyelesaian dengan total keseluruhan luas pabrik 1.200 meter persegi yang terdiri atas 2 lantai.

Dana yang dihimpun bakal dipakai untuk belanja modal pembangunan pabrik hingga peralatan penunjang serta sisanya memenuhi kebutuhan modal kerja.

Berikut jadwal pelaksanaan IPO SOUL:

- Tanggal Efektif : 29 Desember 2022
- Masa Penawaran Umum : 2 - 4 Januari 2023
- Tanggal Penjatahan : 4 Januari 2023
- Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I : 5 Januari 2023
- Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I : 6 Januari 2023
- Awal Pelaksanaan Waran Seri I : 5 Juli 2023
- Akhir Perdagangan Waran Seri I
- Pasar Reguler dan Negosiasi : 2 Juli 2024
- Pasar Tunai : 4 Juli 2024
- Akhir Pelaksanaan Waran Seri I : 5 Juli 2024
- Akhir Masa Berlaku Waran Seri I : 5 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper