Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indo Boga Sukses (IBOS) Listing di Bursa Besok, Siap Buka 4 Outlet Baru

Emiten restoran PT Indo Boga Sukses Tbk. (IBOS) siap melantai di bursa besok, Senin (25/4/2022).
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah selesai book building pada 6 April 2022 lalu, emiten restoran PT Indo Boga Sukses Tbk. (IBOS) siap melantai di bursa besok, Senin (25/4/2022). Salah satu peruntukkan dananya untuk melebarkan saya, membuka empat outlet baru di Surabaya.

Berdasarkan prospektus perusahaan, emiten yang akan bersandi saham IBOS ini menawarkan sebanyak 1.607.360.000 saham baru yang merupakan Saham Biasa Atas Nama dengan nilai nominal Rp25 per saham.

Jumlah saham yang ditawarkan akan setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum yang dikeluarkan dari simpanan (portepel) Perseroan yang ditawarkan kepada masyarakat. Adapun, saham ditawarkan dengan Harga Penawaran sebesar Rp100 per saham.

Dari penawaran umum perdana ini, Indo Boga Sukses mengharapkan dapat meraup dana segar senilai Rp160,73 miliar.

Adapun, rencana penggunaan dananya yaitu sekitar 29,23 persen akan digunakan oleh Perseroan dengan perincian sekitar 4,72 persen akan digunakan oleh Perseroan sebagai belanja modal untuk renovasi dan tambahan executive lounge di D’Monaco Restaurant.

Selanjutnya, renovasi dan retouching bangunan yang terletak di atas tanah yang dimiliki Perseroan di jalan Sulawesi yang akan difungsikan sebagai restoran, serta pembangunan Restoran di atas tanah kosong yang dikuasai Perseroan yang terletak di daerah Condongcatur.

Selanjutnya, sekitar 24,51 persen akan digunakan untuk modal kerja yaitu Operasional perusahaan, pembelian bahan baku, persediaan barang, gaji karyawan, pembayaran utang usaha, dan pembayaran utang pajak.

Kemudian, sekitar 37,66 persen akan dialokasikan untuk setoran modal kepada PT Indo Nations Harvest (INH), dengan perincian sekitar 7,38 persen sebagai belanja modal untuk pembangunan cold storage berikut fasilitasnya serta pembelian mesin pengolahan ikan bumbu dan daging olahan bumbu dan peralatan pendukung, dan sekitar 30,28 persen sebagai modal kerja yaitu untuk operasional perusahaan, pembelian bahan baku, persediaan barang, gaji karyawan, pembayaran utang usaha, dan pembayaran utang pajak.

Adapun, perseroan berencana melebarkan sayap melalui anak usahanya PT Kairos Sukses Indonesia Tbk. (KSI) dengan sekitar 16,12 persen dana hasil IPO akan digunakan dengan perincian sekitar 4,00 persen sebagai belanja modal untuk renovasi dan penambahan outlet bisnis baru sebanyak empat buah yang keseluruhannya berada di Surabaya.

“Outlet baru akan secara bertahap dibangun mulai semester II/2022 dan diperkirakan keseluruhan outlet akan selesai pada semester II/2023,” jelas perseroan.

Selanjutnya, sekitar 12,12 persen (dua belas koma satu dua persen) sebagai modal kerja yaitu untuk operasional perusahaan, pembelian bahan baku, persediaan barang, gaji karyawan, pembayaran utang usaha, dan pembayaran utang pajak.

Terakhir, sekitar 16,99 persen dana akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Sofia Berkah Abadi (SBA), yang selajutnya akan digunakan dengan perincian sekitar 4,59 persen sebagai belanja modal untuk pembangunan restoran di atas tanah yang dikuasai oleh SBA yang terletak di daerah Wedomartani dan pembangunan Sofia Lounge dan Meeting Room di Sofia Hotel, dan sekitar 12,40 persen sebagai modal kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper