Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hadapi Isu Kelangkaan Kontainer, Temas (TMAS) Andalkan Diversifikasi

TMAS tidak hanya mengandalkan bisnis operasi kapal, tapi ada berbagai bisnis lainnya seperti Temas Port, dan Temas Depo.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 30 September 2021  |  20:05 WIB
Hadapi Isu Kelangkaan Kontainer, Temas (TMAS) Andalkan Diversifikasi
KM Selat Mas, kapal kontainer yang dikelola oleh PT Temas Tbk. - temasline.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Isu kelangkaan kapal kontainer dan permasalahan logistik berpotensi mengadang emiten perkapalan.  Sebagai antisipasinya, PT Temas Tbk. mengandalkan diversifikasi jasa agar tetap kantongi untung.

Komisaris Independen Temas Theo Lekatompessy mengatakan bahwa bisnis perkapalan memang merupakan industri yang persaingannya ketat.

"Kalau mau bertahan maka harus ada diverisifikasi produk," katanya kepada Bisnis, Kamis (30/9/2021).

Di Temas, ujar Theo, perseroan tidak hanya mengandalkan operasi kapal, tapi ada berbagai bisnis lainnya seperti Temas Port, Temas Depo, dan lainnya.

"Jadi bukan cuma angkut kapal, ada deponya, ada logistik, ada portnya, jadi perluasan usaha dari kapal menjadi one stop service. Kedua, kalau market dalam lagi susah, ya keluar negeri ada ekspornya. Ini upaya yang diambil supaya bisa bertahan dan berkembang," kata dia.

Ketiga, jika dilihat pada Juli 2021 Temas raup untung sekitar Rp300 miliar, justru dari penjualan kapal.

"Jadi bisnis kapal bukan cuma menjalankan kapal. Ini juga jual beli. Beli pada saat murah dan jual pada saat mahal. Waktu kapal murah beli aja yang banyak. Simpan saja ketika harga naik jual, itu jadi keuntungan, keuntungan dari port, logistik, dan depo jadi sampingan, ini yang membuat kita bisa bertahan," imbuhnya.

Pada hari ini, saham emiten berkode TMAS ini berhasil parkir di zona hijau, naik 8 poin atau 2,88 persen ke 286. Sahamnya hari ini bergerak di kisaran 280-294 dan mencatat net buy oleh asing senilai Rp58,6 juta.

Selama tahun berjalan 2021 atau year to date, saham TMAS sudah melambung 107,25 persen. Sementara, dilihat secara year on year sudah melejit 153,10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten pt pelayaran tempuran emas tbk Kapal Kontainer
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top