Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! Entitas Provident Investasi (PALM) Jadi Pengendali Mega Manunggal Properti (MMLP)

Provident Investasi Bersama (PALM) melalui anak usahanya resmi mengendalikan Mega Manunggal Properti.
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Provident Investasi Bersama Tbk. (PALM) menyampaikan kabar terbaru mengenai pengambilalihan PT Mega Manunggal Property Tbk. (MMLP). PALM melalui anak usahanya PT Suwarna Arta Mandiri (SAM) resmi menjadi pengendali MMLP.

Pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajemen PALM mengatakan pada 9 Agustus 2024, PT Suwarna Arta Mandiri (SAM) telah membeli saham MMLP sebanyak 1,78 miliar saham, yang mewakili 25,85% dari seluruh saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam MMLP dalam rangka pelaksanaan penawaran tender sukarela. 

Dengan telah dilakukannya pembelian saham tersebut, kepemilikan saham SAM dalam MMLP meningkat dari sebelumnya sebanyak 1,61miliar saham, yang mewakili 23,39% dari seluruh saham, menjadi sebanyak 3,39 miliar saham, yang mewakili 49,24% dari seluruh saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam MMLP.

"Dengan demikian, setelah pelaksanaan penawaran tender sukarela, MMLP dikendalikan langsung oleh SAM dan secara tidak langsung oleh Provident Investasi Bersama," tulis Manajemen SAM. 

Kemudian, sampai dengan tanggal pengumuman ini, PALM dikendalikan oleh Winato Kartono. 

Manajemen SAM melanjutkan pihaknya telah mengumumkan Pernyataan Penawaran Tender Sukarela pada tanggal 31 Mei 2024 kepada masyarakat melalui surat kabar, serta perbaikan dan/atau tambahan atas pernyataan penawaran tender sukarela pada tanggal 1 Juli 2024. Bersamaan dengan tanggal pengumuman ini, SAM juga telah melaporkan hasil penawaran tender sukarela kepada OJK.

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi BEI, PALM menuturkan SAM menambah kepemilikan sahamnya pada MMLP. SAM membeli sebanyak 1,78 miliar saham pada 9 Agustus 2024.

Harga pembelian sebanyak 1,78 miliar saham tersebut adalah sebesar Rp350 per saham. Dengan demikian, SAM diperkirakan mengeluarkan dana hingga Rp623,2 miliar untuk pembelian saham tersebut.

Berdasarkan catatan Bisnis, PALM tercatat melakukan pembelian saham MMLP pada Januari 2023. Kala itu, PALM melalui SAM membeli 1,25 miliar saham MMLP dengan harga Rp495 per saham. 

Dengan nilai saham dan jumlah saham tersebut, maka SAM mengeluarkan dana sebesar Rp620 miliar untuk membeli 1,25 miliar saham SAM tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper