Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalbe (KLBF) dan Livzon Bangun Pabrik Obat, Kucurkan Investasi Rp650 Miliar

Kalbe dan Livzon membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi bahan baku obat, dengan investasi senilai Rp650 miliar.
Kalbe dan Livzon membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi bahan baku obat, dengan investasi senilai Rp650 miliar./Bisnis-Artha Adventy.
Kalbe dan Livzon membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi bahan baku obat, dengan investasi senilai Rp650 miliar./Bisnis-Artha Adventy.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) dan Livzon Pharmaceutical Group Inc. China membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi bahan baku obat, dengan investasi awal senilai Rp650 miliar.

Perusahaan patungan bernama PT Livzon Pharma Indonesia ini dibentuk lewat entitas anak masing-masing perusahaan, yakni PT Global Chemindo Megatrading dan Lian SGP Holding Pte.Ltd. Livzon Pharma nantinya fokus memproduksi bahan aktif farmasi (API) dan bahan baku lainnya untuk pasar ekspor, termasuk potensi di pasar dalam negeri.

Presiden Direktur Global Chemindo Megatrading, Stanley Handiono, mengatakan bahwa kerja sama dengan Livzon Grup merupakan tonggak penting dalam meningkatkan kompetensi perusahaan dalam memproduksi bahan baku API.

Selain itu, langkah tersebut juga menjadi bagian dari respons perusahaan terhadap inisiatif pemerintah Indonesia untuk memperkuat bahan baku aktif farmasi dalam negeri.

“Dalam jangka panjang, pembangunan pabrik API di dalam negeri ini akan berkontribusi untuk mengurangi ketergantungan impor dan memperkuat ketahanan kesehatan Indonesia,” ujar Stanley dalam keterangan tertulis, Selasa (30/7/2024).

Menurutnya, bahan baku API memiliki peran penting dalam industri farmasi. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kontribusi ekspor, memungkinkan terjadinya transfer teknologi, serta membangun kemampuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Tang Yanggang, CEO Livzon Pharmaceutical Group, menyampaikan bahwa pembentukan perusahaan patungan ini menandai langkah signifikan di dalam strategi Livzon dalam memperluas jangkauan pasar di Asia Tenggara.

“Dengan menggabungkan keahlian teknologi Livzon dengan pengetahuan pasar Kalbe, kami yakin akan mampu menyediakan produk farmasi berkualitas tinggi yang akan berkontribusi bagi sektor kesehatan di Indonesia dan sekitarnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek, yaitu divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas dan multivitamin, divisi nutrisi, serta divisi distribusi dan logistik.

Kalbe juga memiliki lebih dari 49 anak perusahaan dan 14 fasilitas produksi berstandar internasional, didukung sekitar 16.000 karyawan yang tersebar di 71 cabang.

Sementara itu, Livzon Pharmaceutical Group memiliki keunggulan dalam bidang penelitian dan pengembengan, manufaktur, komersialisasi bahan baku API, obat molekul kecil, biologi molekul besar, serta reagen dan peralatan diagnostik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper