Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prajogo Pangestu Cs Potensi Cuan Miliaran dari Saham Bonus BRPT

Konglomerat Prajogo Pangestu berpotensi raup cuan Rp10,67 miliar dari saham bonus PT Barito Pacific Tbk. (BRPT).
Prajogo Pangestu, konglomerat pemilik emiten tambang PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN). / Istimewa
Prajogo Pangestu, konglomerat pemilik emiten tambang PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN). / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) berencana akan membagikan saham bonus senilai miliaran rupiah. Selain Prajogo, ada beberapa nama taipan lain yang juga berpotensi mendapatkan saham bonus BRPT.

Perlu diketahui, BRPT akan membagikan saham bonus dengan rasio 625:1. Artinya, setiap pemegang 625 lembar saham lama BRPT, akan memperoleh 1 saham baru.

Adapun, pembagian saham bonus BRPT itu sebagai upaya pemenuhan kewajiban untuk mengalihkan saham treasuri hasil pembelian kembali (buyback) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 150 juta saham. Saat ini, BRPT masih memiliki saham treasuri hasil buyback sebanyak 185,45 juta saham, sehingga wajib dialihkan sebagai saham bonus.

Untuk memuluskan aksi korporasi tersebut, BRPT akan terlebih dulu meminta persetujuan RUPSLB pada 14 Juni 2024. Kemudian, pendistribusian saham bonus akan dilakukan pada 19 Juli 2024.

Manajemen BRPT dalam keterangannya mengatakan, pengalihan saham treasuri dengan cara ini, diharapkan dapat memberikan manfaat baik kepada perseroan maupun kepada pemegang saham, serta akan menambah jumlah saham perseroan yang beredar.

"Dengan dilaksanakannya pembagian saham bonus kepada seluruh pemegang saham perseroan secara proporsional, maka likuiditas saham perseroan akan meningkat yang diharapkan akan memberikan dampak positif atas kinerja perdagangan saham perseroan di BEI," ujar Manajemen BRPT dalam pengumuman di laman BEI.

Mengenai penetapan harga atas saham bonus, perseroan mengacu kepada Pasal 9 POJK No. 27/2020, yang mengatur bahwa atas saham bonus yang akan dibagikan yang bukan merupakan dividen saham, maka penetapan harganya dilaksanakan berdasarkan pada nilai nominal saham BRPT, yaitu sebesar Rp100 per saham.

Artinya, jika perseroan membagikan 150 juta lembar saham bonus, maka total nominalnya senilai Rp15 miliar.

Lantas, berapa saham bonus yang diterima Prajogo Pangestu Cs?

Mengacu data RTI Business per 30 April 2024, taipan Prajogo Pangestu selaku pengendali BRPT memiliki sebanyak 66,73 miliar (66.736.062.073) saham atau setara 71,19%.

Artinya, dengan rasio 625:1, maka orang terkaya RI nomor 1 itu berpotensi mendapatkan saham bonus BRPT sebanyak 106,77 juta  saham atau senilai Rp10,67 miliar.

Selanjutnya, Direktur Utama BRPT Agus Salim Pangestu memiliki 374.901 saham, sehingga putra sulung Prajogo Pangestu itu berpotensi menerima saham bonus sebanyak 599,84 saham.

Kemudian, Komisaris BRPT, Lim Chong Thian memiliki sebanyak 501.684 saham BRPT, sehingga pria asal Malaysia itu berpotensi meraih 802,69 saham bonus. Direktur BRPT Diana Arsiyanti juga memiliki 70.294 saham BRPT, sehingga saham bonus yang diterima sebanyak 112,47 saham.

Selain bagi-bagi saham bonus, BRPT juga mengadakan program kepemilikan saham untuk manajemen dan karyawan perseroan alias program Management Stock Option Plan atau Employee Stock Option Plan (MSOP/ESOP).

__________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper