Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Cum Dividen Triliunan dari ANTM-PTBA Pekan Depan

Pada pekan depan periode 20-22 Mei 2024 ada cum dividen triliunan dari ANTM, TPIA, hingga PTBA.
Pada pekan depan periode 20-22 Mei 2024 ada cum dividen triliunan dari ANTM, TPIA, hingga PTBA. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pada pekan depan periode 20-22 Mei 2024 ada cum dividen triliunan dari ANTM, TPIA, hingga PTBA. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sederet emiten seperti PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) hingga PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menjadwalkan pembagian dividen senilai triliunan rupiah dengan cum date yang jatuh pada pekan depan periode 20-22 Mei 2024. Investor saham perlu bersiap agar tidak terlewat jadwal cum dividen tersebut.

Sebagai informasi, pada pekan depan perdagangan Bursa hanya berlangsung selama tiga hari, sebab ada libur terkait Hari Raya Waisak pada 23 Mei 2024, dan cuti bersama pada 24 Mei 2024.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pada awal pekan depan, Senin (20/5/2024) ada beberapa emiten yang menjadwalkan cum date dividen, yakni ANTM, PTBA, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), dan emiten milik Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Pacific Tbk. (TPIA).

Pada hari yang sama juga ada cum dividen dari PT Hillcon Tbk. (HILL), PT Mandiri Herindo Adiperkasa Tbk. (MAHA), PT Berdikari Pondasi Perkasa Tbk. (BDKR), PT Dana Brata Luhur Tbk. (TEBE), dan PT Multi Prima Sejahtera Tbk. (LPIN).

Nilai dividen paling jumbo pada awal pekan depan dibagikan oleh PTBA sebesar Rp4,57 triliun atau setara Rp397 per saham, disusul ANTM senilai Rp3,07 triliun atau Rp128 per saham. Berikutnya, TPIA senilai Rp476,3 miliar atau Rp5,57 per saham, dan JSMR Rp274,8 miliar atau Rp37,86 per saham.

Selanjutnya, HILL sebesar Rp103,19 miliar, MAHA Rp199,99 miliar, BDKR Rp23,79 miliar, TEBE Rp64,25 miliar, dan LPIN Rp10,62 miliar.

Pada hari berikutnya, Selasa (21/5/2024) ada cum date dividen dari PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID) senilai Rp300 miliar atau Rp160 per saham.

Lalu, pada Rabu (22/5/2024) ada cum date dividen dari PT Nusa Cipta Raya Tbk. (NRCA), PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL), PT Lautan Luas Tbk. (LTLS), PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT), dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP).

Ditilik secara nilainya, NRCA menebar dividen Rp70,09 miliar, TOTL sebesar Rp136,4 miliar, LTLS Rp52,14 miliar, EPMT Rp449,63 miliar, dan INTP Rp308,79 miliar.

Perlu diketahui, cum date atau tanggal cum dividen merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan. Untuk bisa mendapat dividen, maka investor perlu membeli saham tersebut sebelum atau pada tanggal cum dividen.  

Sementara itu, ex date atau tanggal ex dividen merupakan hari pertama saat pemegang saham tidak berhak lagi mendapatkan dividen dari suatu perusahaan. Tanggal ex dividen dijadwalkan satu hari kerja setelah tanggal cum dividen.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper