Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bitcoin Melesat Tembus US$44.000, Ini Penyebabnya

Investor menilai kenaikan harga bitcoin semakin mencerminkan keyakinan bahwa kebijakan moneter Federal Reserve yang lebih longgar akan terjadi.
Investor menilai kenaikan harga bitcoin semakin mencerminkan keyakinan bahwa kebijakan moneter Federal Reserve yang lebih longgar akan terjadi. Reuters
Investor menilai kenaikan harga bitcoin semakin mencerminkan keyakinan bahwa kebijakan moneter Federal Reserve yang lebih longgar akan terjadi. Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Harga bitcoin melesat menembus US$44.000 di tengah rencana The Fed melonggarkan kebijakan moneter.

Namun demikian, investor masih mempertanyakan apakah kenaikan harga bitcoin semakin mencerminkan keyakinan bahwa kebijakan moneter Federal Reserve yang lebih longgar akan terjadi.

Mengutip Bloomberg, Rabu (6/12/2023), Bitcoin telah naik selama enam hari hingga Selasa (5/12) dengan bertambah sekitar 16% dan mengkonsolidasi kenaikan di awal perdagangan Asia pada Rabu (6/12). Pemulihan Bitcoin sejak 2023 dari kejatuhan kripto tahun lalu sekarang mencapai 165%.

Sebagian besar kenaikan ini dikaitkan dengan prospek AS mengizinkan ETF di bursa Bitcoin untuk pertama kalinya, sehingga membuka jalan bagi basis investor yang lebih luas. 

BlackRock Inc. dan Fidelity Investments termasuk di antara mereka yang menunggu hasil permohonan mereka, dengan beberapa analis mengharapkan ‘lampu hijau’ pada Januari 2024.

Analis pasar di IG Australia Pty, Tony Sycamore juga menuturkan bahwa meroketnya Bitcoin justru merupakan pengingat bahwa kripto lebih responsif terhadap poros dan kebijakan Fed dibandingkan kelas aset lainnya. 

Untuk saat ini, momentum Bitcoin menutupi segala kekhawatiran bahwa lonjakan tersebut berisiko menjadi terlalu tinggi. Mata uang virtual yang lebih kecil seperti  Ether, Avalanche, dan Dogecoin juga mengalami kemajuan. 

Di lain sisi, suasana bullish secara keseluruhan terlihat jelas di berbagai negara. Bitcoin di bursa Upbit dan Bithumb Korea Selatan diperdagangkan sekitar 4% di atas harga global yang berlaku pada hari Rabu (6/12) sehingga kembali apa yang disebut dengan “kimchi premium”. 

Kemudian, di Abu Dhabi, Dhabi, peritel perangkat keras penambangan kripto Phoenix Group Plc melonjak 35% pada debutnya di hari Selasa (5/12) perusahaan ini merupakan pencatatan saham pertama yang terkait dengan kripto di Timur Tengah.

Di El Salvador, Nayib Bukele menuturkan bahwa bahwa investasi Bitcoin negaranya telah menguntungkan. Dia mencalonkan diri untuk pemilihan kembali setelah mundur sebagai presiden minggu lalu.

Sentimen lainnya juga mengenai halving Bitcoin yang akan jatuh tempo pada tahun depan, yang akan memangkas setengah jumlah token yang diterima penambang Bitcoin sebagai imbalan atas pekerjaan mereka. 

Peristiwa setiap empat tahun tersebut adalah bagian dari proses membatasi pasokan Bitcoin sebanyak 21 juta token, yang nilainya dapat mencapai rekor setelah setiap tiga halving terakhir. 

“Baik faktor mikro dan makro saat ini mendukung Bitcoin,” terang direktur pelaksana penelitian di penyedia dana kripto Grayscale Investments LLC., Zach Pandl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper