Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Komoditas Utama Ekspor Indonesia yang Jadi Unggulan

Berikut ini merupakan 10 komodita utama ekspor Indonesia, ada udang hingga kopi.
Komoditas ekspor Indonesia./Istimewa.
Komoditas ekspor Indonesia./Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Ekspor memegang peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Indonesia, sebagai salah satu negara yang bergantung pada ekspor, memiliki sejumlah komoditas unggulan yang memainkan peran penting dalam pasar global.

Dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, nilai ekspor pada tahun 2023 menunjukkan pertumbuhan yang positif dengan nilai ekspor Januari sampai Juni 2023 mencapai USD 128,66 miliar, memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan devisa negara.

Pengertian Komoditas

Sebelum menjelajahi komoditas ekspor utama Indonesia, penting untuk memahami konsep dasar dari kata 'komoditas'. Dalam terminologi ekonomi, komoditas merujuk pada barang dagangan pokok yang dapat diperdagangkan secara komersial dan memenuhi standar kualitas internasional.

Secara umum, komoditas adalah barang atau produk yang dapat diperjualbelikan dengan mudah dan memiliki nilai tukar yang dapat dipertukarkan dengan produk serupa. Dengan demikian, komoditas menjadi salah satu aspek penting dalam perdagangan internasional, memperkuat perekonomian negara ekspor.

Dikutip dari laman Kemendag, berikut 10 komoditas utama atau unggulan Indonesia yang berperan signifikan dalam ekspor:

1. Udang

Ekspor udang Indonesia telah mencapai 5,33 juta kilogram dengan nilai sekitar US$36,75 juta pada Januari hingga November 2021. Selama lima tahun terakhir, ekspor udang dan olahannya meningkat rata-rata 4,91% per tahun. Tujuan ekspor utama meliputi Jepang, China, Vietnam, Hong Kong, dan sejumlah negara lainnya.

2. Kopi

Indonesia berhasil memproduksi biji kopi hingga 765 ribu ton pada tahun 2021. Selain varian Arabika dan Robusta, kopi luwak dari Indonesia dikenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Negara tujuan ekspor kopi Indonesia meliputi Malaysia, Jepang, Vietnam, dan berbagai negara lainnya.

3. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia. Produksi total minyak sawit pada 2021 mencapai 51,3 juta ton, dengan ekspor ke negara seperti Malaysia, China, India, dan beberapa negara lainnya.

4. Kakao

Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai produsen kakao terbesar di dunia pada tahun 2020. Dengan produksi sekitar 740 ribu ton, produk olahan kakao diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

5. Karet dan Produk Karet

Produk karet dari Indonesia diekspor ke lima benua berbeda. Ekspornya terutama menuju Malaysia, Jepang, Filipina, dan sejumlah negara lainnya, dimana karet menjadi bahan baku penting bagi industri manufaktur.

6. Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Industri tekstil menghasilkan berbagai produk, seperti baju, sprei, dan tas, yang diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Jepang, dan Ethiopia.

7. Alas Kaki

Indonesia juga memproduksi alas kaki, terutama sepatu olahraga yang diminati pasar internasional. Produk ini diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Malaysia, dan USA.

8. Elektronika

Produk elektronik Indonesia, terutama kebutuhan rumah tangga, diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

9. Komponen Kendaraan Bermotor (Otomotif)

Suku cadang kendaraan bermotor diekspor ke berbagai negara seperti China, Malaysia, dan India

10. Furniture

Industri furniture Indonesia menghasilkan produk seperti meja, kursi, dan lemari yang diekspor ke berbagai negara termasuk Jepang, Australia, dan USA.

Ekspor komoditas unggulan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Seiring pertumbuhan ini, peran ekspor dalam mencapai stabilitas ekonomi menjadi semakin penting. Namun, untuk menjaga momentum positif ini, perlu adanya upaya terus menerus dalam peningkatan kualitas produk dan diversifikasi pasar tujuan ekspor.

Dengan berbagai komoditas unggulan yang dimiliki, Indonesia memiliki peluang besar untuk terus berkembang dan mengukuhkan posisinya di pasar global, serta berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian global secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper