Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Saham IPO Boncos, BEI Luncurkan IDX New Listing Information

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan publikasi statistik baru IDX New Listing Information seiring maraknya saham yang melakukan initial public offering (IPO)
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan publikasi statistik baru IDX New Listing Information seiring maraknya saham yang melakukan initial public offering (IPO) pada Rabu (20/9/2023). 

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy menyampaikan bahwa publikasi statistik terbaru ini hadir untuk memenuhi kebutuhan investor terhadap data serta informasi mengenai perusahaan yang akan mencatatkan saham perdananya di papan perdagangan BEI. 

Meningkatnya jumlah perusahaan yang memutuskan untuk menggelar hajatan initial public offering (IPO) saham pada tahun ini juga disebut Irvan sebagai salah satu hal yang mendorong otoritas bursa untuk akhirnya meluncurkan IDX New Listing Information. 

Sebagaimana diketahui, hingga Jumat (15/9/2023), 66 perusahaan diketahui telah melakukan pencatatan saham perdananya di BEI. Irvan mengatakan, jumlah tersebut meningkat 1,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada 2022. 

“Kami memandang bahwa peningkatan jumlah saham tercatat secara pesat ini perlu didukung dengan ketersediaan data serta akaes publikasi statistik yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan seluruh stakeholders,” ujarnya saat membuka agenda Peluncuran IDX New Listing Information, Rabu (20/9/2023).

Sementara itu, dalam IDX New Listing Information, BEI akan menyajikan berbagai data serta informasi terkait perusahaan yang akan mencatatakan saham perdananya di papan perdagangan bursa. 

Informasi baru yang akan disajikan BEI melalui IDX New Listing Information antara lain adalah rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam setahun, anggota indeks ISSI, cost of fund, kategori rencana penggunaan dana IPO, ringkasan laporan keuangan dan pemegang saham terbaru. 

Kemudian ada informasi terkait kinerja keuangan dalam bentuk grafik (aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi), rasio keuangan, jumlah karyawan, serta diagram komposisi pemegang saham.

Adapun, sejumlah informasi tersebut akan dipublikasikan oleh otoritas bursa satu hari sebelum perusahaan mencatatkan saham perdananya di BEI. 

Publikasi statistik baru ini dapat diakses secara gratis oleh masyarakat melalui laman resmi BEI, www.idx.co.id. Ke depannya, IDX New Listing Information juga dapat diakses melalui aplikasi IDX Mobile. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper