Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Hari Ditawarkan, SBN ORI023 Telah Terjual Rp4,68 Triliun

Surat Berharga Negara (SBN) seri ORI023 telah terjual sebanyak Rp4,68 triliun di hari ke enam penawaran.
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA —  Surat Berharga Negara (SBN) seri ORI023 telah terjual sebanyak Rp4,68 triliun di hari ke enam penawaran.

Berdasarkan data salah satu mitra distribusi (MiDis), Rabu (5/7/2023) pukul 07.00 WIB, ORI023-T3 atau tenor 3 tahun telah terjual sebanyak Rp3,23 triliun atau sebanyak 32,3 persen dari target keseluruhan Rp10 triliun. Adapun masa penawaran tersisa 15 hari lagi dengan kuota tersedia sebanyak Rp6,77 triliun.

Sementara itu untuk ORI023-T6 atau tenor 6 tahun telah terjual sebanyak Rp1,45 triliun dari target sebanyak Rp10 triliun dari target keseluruhan sebesar Rp10 triliun. Kuota ORI023 tenor 6 tahun masih tersedia sebanyak Rp8,55 triliun.

Kedua seri ORI023 ini menawarkan imbal hasil yang berbeda. ORI023 tenor 3 tahun menawarkan kupon sebesar 5,9 persen sementara tenor 6 tahun memberikan imbal hasil 6,1 persen.

Adapun keduanya sama-sama merupakan SBN dengan jenis kupon fixed. Artinya kupon bersifat tetap atau fixed rate sampai dengan jatuh tempo pada 15 Juli 2026 untuk ORI023T3 dan 15 Juli 2029 untuk ORI023T6. Adapun masa penawaran dimulai pada 30 Juni 2023 hingga 20 Juli 2023.

Untuk pemesanan, investor diarahkan untuk mengakses website www.kemenkeu.go.id/ori, kemudian pilih salah satu link platform elektronik Mitra Distribusi. Setelah menentukan Mitra Distribusi yang dipilih, Investor akan menuju platform elektronik Mitra Distribusi. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut:

Pertama, registrasi melalui Sistem Elektronik Mitra Distribusi dengan memasukkan informasi paling kurang mengenai Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki.

Calon investor yang belum memiliki SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Mitra Distribusi untuk dibantu pembuatan persyaratan tersebut. Sebelum melakukan registrasi, calon investor wajib terlebih dahulu membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Sistem Elektronik serta memastikan bahwa data yang disampaikan adalah benar dan lengkap.

Kedua, melakukan pemesanan melalui Sistem Elektronik Mitra Distribusi. Pemesanan yang telah terverifikasi (verified order) akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) via Sistem Elektronik Mitra Distribusi atau email. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

Ketiga, pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui 95 Bank/Pos/Lembaga Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking, atau kanal lain yang difasilitasi oleh Bank/Pos/Lembaga Persepsi) dengan batas waktu yang telah ditentukan (3 jam).

Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) & notifikasi completed order via Sistem Elektronik Mitra Distribusi dan email yang terdaftar. Daftar Bank/Pos/Lembaga Persepsi selengkapnya dapat dilihat pada Memorandum Informasi ORI023-T3 dan ORI023-T6.

Keempat, konfirmasi. Menerima bukti konfirmasi pemesanan SBN ritel via Sistem Elektronik Mitra Distribusi dan email yang terdaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper