Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Pelemahan Saham Adaro (ADRO) dan Softbank Pangkas Saham GOTO

Saham Adaro (ADRO) dan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Kegiatan pertambangan batu bara di wilayah operasional PT Adaro Energy Tbk./adaro.com
Kegiatan pertambangan batu bara di wilayah operasional PT Adaro Energy Tbk./adaro.com

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku pasar modal mencermati pegerakan saham penambang batu bara terbesar kedua di Indonesia PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).

Diketahui, penguatan saham ADRO di tengah kenaikan harga batu bara telah mereda dan mengalami pelemahan sejak awal tahun.

Berita populer lainnya yaitu mengenai SVF GT Subco, perusahaan berbasis di Singapura terafiliasi dengan Softbank, yang mengurangi porsi kepemilikan saham di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com pada Senin (10/4/2023):

1. Jalan Terjal Saham Adaro Energy (ADRO)

Bulan madu emiten batu bara di tengah lonjakan harga akhirnya mereda, tak terkecuali bagi penambang batu bara terbesar kedua di Indonesia PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).

ADRO menjadi saham berkapitalisasi pasar besar yang bergerak negatif sejak awal tahun dan menjadi pemberat indeks atau laggard.

Berdasarkan data statistik Bursa Efek Indonesia (BEI), sampai dengan akhir pekan lalu, saham ADRO telah turun 21,6 persen secara year-to-date (ytd) dan memberatkan indeks sebanyak 27,77 indeks poin.

2. Softbank Pangkas Saham GOTO, Institusi Jumbo Lain Terus Akumulasi

Sejak awal 2023, SVF GT Subco tercatat mengurangi porsi kepemilikan saham di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Perusahaan investasi berbasis di Singapura dan terafiliasi dengan Softbank tesebut telah melepas sahamnya secara bertahap.

Pada akhir 2022, SVF GT SUBCO mengempit 103,1 miliar saham GOTO atau setara 8,71 persen. Namun, pada akhir Maret kepemilikannya turun menjadi 92,3 miliar atau setara 7,79 persen.

Meski berkurang sedikit, Softbank tetap tercatat sebagai salah satu investor utama GOTO dengan kepemlikan saham di atas 5 persen.

3. Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini Senin 10 April 2023

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak sideways pada perdagangan Senin (10/4/2023) dengan beberapa katalis seperti aksi korporasi berupa pelaporan kinerja emiten, fluktuatifnya harga komoditas, dan rilis data ekonomi.

IHSG tergelincir 0,39 persen ke 6.792 pada perdagangan Kamis (6/4/2023). Phintraco Sekuritas menyebutkan secara teknikal Stochastic RSI cenderung bergerak turun dari overbought area, didukung dengan indikasi death cross dari MACD.

Oleh karena itu, IHSG diperkirakan akan uji support level 6.750–6.760 pada perdagangan awal pekan.

4. Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini Senin 10 April 2023, Siap Tembus Rp14.900

Mata uang rupiah berpotensi melanjutkan penguatan menembus level Rp14.900 per dolar AS pada perdagangan awal pekan, Senin (10/4/2023).

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pada perdanganan Senin, rupiah akan dibuka berfluktuatif tetapi ditutup menguat Rp14.890 hingga Rp14.950.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 19,5 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp14.912 di hadapan dolar AS pada Kamis (6/4/2023). Beberapa mata uang Asia juga terpantau bergerak bervariasi dengan mayoritas melemah terhadap dolar AS.

5. Investor Kakap yang Menantikan Pemulihan Saham Charoen Pokphand (CPIN)

Dana asing ke saham emiten unggas PT Charoen Pokphand Tbk. (CPIN) tetap mengalir di tengah mendung sektor unggas dan penurunan kinerja sepanjang 2022.

Sejumlah investor kakap mempertaruhkan peruntungan dengan tetap mengakumulasi saham CPIN sepanjang kuartal I/2023.

Dari lantai bursa, di tengah tren penurunan kinerja sahamnya, CPIN diperdagangkan dengan penguatan 1,81 persen ke level Rp4.500 pada perdagangan Senin (10/4/2023) pukul 14:30 WIB. Meski demikian, secara year-to-date (ytd) banderol tersebut tetap mewakili return negatif 20,35 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper