Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Waskita Toll Raod Buyback Kepemilikan Tol Semarang-Batang, Mau Dijual ke Road King Infrastructure

PT Waskita Toll Road telah menandatangani kesepakatan pengalihan atau buyback atas 39,77 persen kepemilikan saham PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI)
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  13:21 WIB
Waskita Toll Raod Buyback Kepemilikan Tol Semarang-Batang, Mau Dijual ke Road King Infrastructure
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) di bidang tol, PT Waskita Toll Road (WTR) melakukan aksi pembelian kembali (buyback) saham jalan tol Semarang-Batang untuk dijual ke entitas China, Road King Infrastructure dengan harga yang lebih tinggi.

WTR telah menandatangani kesepakatan pengalihan atau buyback atas 39,77 persen kepemilikan saham PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAM JT) pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemilik konsesi atas jalan tol Semarang Batang.

Transaksi yang dilaksanakan pada 30 November 2022 ini dilakukan dalam rangka exercise atas hak opsi beli atau call option saham JSB milik SMI dan RDPT SAM JT yang sebelumnya disepakati pada sales purchase agreement (SPA) pada Juni 2021 lalu.

Adapun guna menyelesaikan transaksi tersebut, Kings Bless Limited (KBL), entitas salah satu raja jalan tol China, Road King Infrastructure Limited telah menyerahkan pembayaran awal sebesar Rp3,6 triliun yang digunakan WTR untuk akuisisi saham JSB dengan jaminan gadai saham tersebut.

Direktur Utama Waskita Toll Road Rudi Purnomo mengataka selanjutnya WTR dan KBL akan segera melakukan finalisasi aksi korporasi pada JSB melalui penandatanganan sales purchase agreement (SPA) atau perjanjian jual beli pada 5 Desember 2022.

“Nilai transaksinya akan lebih tinggi dibandingkan nilai transaksi buyback, sehingga WTR berpotensi untuk mendapatkan keuntungan atau gain yang signifikan atas transaksi tersebut," jelasnya dalam keterangan, Jumat (2/12/2022).

Harapannya dengan terlaksananya aksi korporasi ini, WTR selaku anak usaha Waskita Karya dapat memberikan kontribusi positif kepada Waskita, sehingga ke depannya Waskita Group dapat mencatatkan kinerja yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, sepanjang 2022 WTR telah berhasil menyelesaikan aksi korporasi strategis pelepasan saham pada 3 BUJT, di antaranya jalan tol Kanci – Pejagan, Pejagan – Pemalang, dan Cimanggis – Cibitung secara parsial. Adapun total proceed atau penerimaan dari 3 transaksi tersebut mencapai Rp7,5 triliun.

Dalam setiap aksi korporasinya, WTR senantiasa mengedepankan prinsip kehati-hatian melalui penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wskt waskita toll road Buyback jalan tol
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top