Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vidio Milik EMTK jadi Trending Topic di Twitter, Ini Profil Bisnisnya

Vidio milik Grup Emtek (EMTK( menjadi trending topic di media sosial saat penayangan pertandingan perdana Piala Dunia 2022.
Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, Moji, dan Vidio, Qatar vs ekuador. Vidio Milik EMTK jadi Trending Topic di Twitter, Ini Profil Bisnisnya
Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, Moji, dan Vidio, Qatar vs ekuador. Vidio Milik EMTK jadi Trending Topic di Twitter, Ini Profil Bisnisnya

Bisnis.com, JAKARTA – Platform over the top (OTT) Vidio.com milik anak usaha Grup Emtek yakni PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA), mendadak menjadi trending topic di media sosial saat penayangan pertandingan perdana Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 dibuka dengan pertandingan perdana antara Qatar melawan Ekuador pada pukul 23.00 WIB. Namun demikian, sejumlah pengguna mengeluhkan adanya gangguan untuk masuk (sign up) dan mengakses layanan berlangganannya di platform tersebut.

Hal itu membuat Vidio menjadi salah satu trending topic di wilayah Indonesia di media sosial Twitter pada Minggu (20/11/2022).

Namun demikian, hingga berita ini tayang, belum ada penjelasan resmi dari pihak Vidio.com.

emtek
emtek

Tangkapan gambar trending topic Minggu (20/11/2022) di platform media sosial Twitter. /Bisnis

Adaapun, Vidio menjadi platform OTT pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia. Platform tersebut menayangkan total 64 pertandingan yang akan digelar di hajatan sepak bola antarnegara paling bergengsi di dunia tersebut.

Sekadar informasi, Vidio melakukan konsolidasi ke struktur usaha SCMA sejak 2019 lalu. SCMA mengakuisisi 99,99 persen saham Vidio pada 2019 senilai Rp104,14 miliar.

Akuisisi itu merupakan transaksi afiliasi karena mayoritas saham Vidio dicaplok dari PT Mediatama Anugrah Citra yang juga merupakan entitas usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) alias Emtek.

Dengan demikian, boleh dibilang Vidio merupakan cucu usaha dari EMTK yang dimiliki oleh keluarga taipan Sariaatmadja. Kepemilikan saham keluarga tersebut di Emtek, per 31 Mei 2022, mencapai 22,9 persen.

Sementara itu, kepemilikan saham Emtek tidak hanya dikuasai secara mutlak oleh Keluarga Sariaatmadja. Sebab, dalam struktur kepemilikan saham perseroan, terdapat nama Anthoni Salim yang merupakan petinggi Grup Salim. Per 31 Mei 2022, kepemilikan saham Anthoni di Emtek mencapai 9 persen.

Di sisi lain, keberadaan Vidio tersebut rupanya berhasil menarik perhatian dari salah satu private equity terbesar di Asia yakni Affinity Equity Partners. Pada 1 November 2021, Vidio mendapatkan suntikan modal senilai US$150 juta dari Affinity Equity Partners.

Aksi korporasi itu membuat, kepemilikan SCMA di Vidio mengalami dilusi menjadi 83,33 persen. Hingga 31 Maret 2022, Vidio tercatat memiliki total aset Rp2,45 triliun.

Tidak berhenti di situ saja, pada tahun ini sejumlah perusahaan raksasa termasuk Grup Sinarmas dan bos Bola United turut menyuntikkan dananya ke Vidio.

Pada Juni lalu, PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi bergabung bersama dengan Grab LA Pte. Ltd. yang merupakan grup dari Grab Inc; entitas Grup Sinarmas yakni PT DSST Video Gemilang; dan penyerta modal lainnya mengalirkan investasi senilai total US$45 juta ke Vidio.

Transaksi yang berlangsung pada 14 Juni 2022 itu kembali menggerus porsi kepemilikan SCMA di Vidio menjadi 79,37 persen. Meski begitu, SCMA tetap menjadi pemegang saham pengendali Vidio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper