Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kinerja Keuangan Blibli (BELI) Terimbas Saham GOTO

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli memiliki investasi di GoTo Gojek Tokopedia sehingga kinerja keuangannya terimbas saham GOTO.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 18 Oktober 2022  |  07:39 WIB
Kinerja Keuangan Blibli (BELI) Terimbas Saham GOTO
PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli memiliki investasi di GoTo Gojek Tokopedia sehingga kinerja keuangannya terimbas saham GOTO.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Calon emiten Grup Djarum, PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli melakukan investasi di emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Kinerja keuangan Blibli pun terimbas kinerja saham GOTO.

Dalam prospektus IPO-nya, Blibli menuturkan melakukan investasi langsung di GOTO, PT Polinasi Iddea Investama, dan PT Rekan Usaha Mikro Andalan. 

Selain itu, Blibli juga melakukan investasi melalui anak usahanya, Global Distribution Niaga Pte. Ltd. (GDPL) ke Dwi Cermat Pte. Ltd., Avniro Holdco Pte. Ltd., Dekoruma Pte. Ltd., dan Go Venture I, LP, serta melalui PT Supra Boga Lestari Tbk. (SUPR) ke PT Mars Multi Mandiri.

Blibli tercatat melakukan investasi di GOTO sejak 7 Maret 2018 sebesar Rp1,34 triliun. Per 30 Juni 2022, investasi Blibli di GOTO tercatat sebesar Rp3,68 triliun.

Pada saat Blibli menyelesaikan laporan keuangan periode 30 Juni 2022, nilai investasi saham di GOTO mendekati Rp282 per lembar, sehingga nilai investasi Blibli di GOTO mendekati Rp2,68 triliun.

Per Maret 2022, Blibli membukukan rugi komprehensif lain pada periode tiga bulan yang berakhir tanggal 31 Maret 2022 sebesar Rp456,87 miliar, dibandingkan dengan penghasilan komprehensif lain pada periode tiga bulan yang berakhir tanggal 31 Maret 2021 sebesar Rp1,34 triliun.

"[Rugi komprehensif] yang terutama disebabkan oleh nilai wajar dari investasi Perseroan atas PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.," jelas manajemen Blibli.

Adapun, GOTO baru melantai di Bursa Efek Indonesia pada 11 April 2022, dengan harga pelaksanaan Rp338 per saham dan mencatatkan 40,62 miliar saham. GOTO pun meraih dana IPO Rp13,73 triliun.

Selanjutnya, Blibli melakukan investasi di Polinasi Iddea Investama sebesar Rp467,3 miliar per 30 Juni 2022, dan Rekan Usaha Mikro Anda sebesar Rp14,2 miliar.

Investasi selanjutnya adalah ke Dwi Cermat atau Cermati, yang merupakan mitra utama Blibli untuk berbagai produk fintech seperti PayLater dan produk asuransi. Nilai investasi Blibli adalah sebesar Rp1,11 triliun di Cermati.

Lalu, investasi yang dilakukan GDPL adalah ke Avniro Holdco sebesar Rp144,2 miliar, dan Dekoruma sebesar Rp97,6 miliar.

Adapun hingga 30 Juni 2022, Blibli melakukan investasi dengan total Rp5,64 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blibli.com GoTo Gojek Tokopedia Goto djarum
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top