Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sisa Kuota ORI022 Rp4,75 Triliun, Simak Keuntungannya Sebelum Beli

ORI022 memiliki sejumlah keuntungan bagi investor ritel, mulai dari potensi capital gain hingga membantu pembiayaan nasional.
ilustrasi obligasi
ilustrasi obligasi

Bisnis.com, JAKARTA — Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri ORI022 pada pekan ketiga, Senin (10/10/2022) menyisakan kuota Rp4,75 triliun dari target Rp10 triliun. Apa keuntungan membelo ORI022?

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapat investor dengan membeli kupon ORI022 sebagai salah satu instrumen surat berharga negara (SBN) yang ditawarkan kepada investor ritel.

Mengutip laman resmi Kementerian Keuangan, ada 10 keuntungan berinvestasi ORI022. Pertama, kupon dan pokok yang dijamin oleh undang-undang.

Kedua, ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN dengan imbal hasil sebesar 5,95 persen fixed rate. Ketiga, kupon dibayar setiap bulan dengan tingkat bunga tetap sampai waktu jatuh tempo.

Selanjutnya, ORI022 juga dapat diperdagangankan di Pasar Sekunder antar investor domestik. Selain itu, tersedia kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi (midis) atau pihak lain yang bekerja sama dengan midis.

ORI022 juga dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP) serta dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain sesuai dengan kebijakan di masing-masing midis. 

Keuntungan yang tidak kalah penting, investor berpotensi memperoleh capital gain serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional. Sebagai informasi, ORI022 memiliki tenor 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2025.

ORI022 tanpa warkat (scripless) dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).

Investor dapat memberi ORI022 mulai dari harga Rp1 juta hingga maksimum pemesanan Rp5 miliar melalui 30 mitra distribusi berupa bank, perusahaan efek hingga fintech.

Adapun pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama akan dibayarkan pada 15 Desember 2022. ORI022 dapat dibeli selama masa penawaran masih berlangsung, yaitu mulai 26 September 2022 hingga 20 Oktober 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper