Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Makeup Pixy (TCID) Targetkan Kembali Laba Tahun Ini

Produsen kosmetik Pixy dan Gtasby, PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID), menargetkan raihan laba bersih pada 2022.
Produsen kosmetik Pixy dan Gtasby, PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID), menargetkan raihan laba bersih pada 2022. /mandom
Produsen kosmetik Pixy dan Gtasby, PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID), menargetkan raihan laba bersih pada 2022. /mandom

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten produsen kosmetik merek Pixy, PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID), menargetkan penjualan pada 2022 bisa tumbuh dua digit. Mandom juga memproyeksikan kinerja bottom line bisa berbalik laba setelah dua tahun dalam posisi merugi.

“Kami targetkan bisa tumbuh untuk omzetnya double digit karena pasar konsumen sudah lebih baik dibandingkan dengan 2020 dan 2021,” kata Direktur TCID Hideki Nakamura dalam paparan publik, Kamis (21/9/2022).

Perusahaan yang juga memproduksi produk rambut Gatsby itu tercatat menorehkan penjualan sebesar Rp925,42 miliar atau tumbuh 8,87 persen secara year on year (yoy) dari Rp849,99 miliar yang ditorehkan pada semester I/2021.

Pertumbuhan penjualan terutama didukung oleh kinerja produk kategori perawatan rambut dan perawatan kulit dan makeup yang masing-masing tumbuh 17,9 persen dan 14,6 persen secara yoy. Sementara itu, penjualan produk kategori wangi-wangian tercatat turun sebesar 15,5 persen dibandingkan dengan semester I/2021.

Laporan keuangan semester I/2022 juga menunjukkan bahwa Mandom berhasil memangkas kerugian, dari sebelumnya Rp40,30 miliar di semester I/2021 menjadi Rp6,41 miliar pada paruh pertama 2022. Nakamura mengatakan kinerja bottom line tahun ini diharapkan bisa kembali positif setelah sempat di posisi rugi dua tahun berturut-turut.

“Setelah dua tahun negatif, tentu pada 2022 kami targetkan positif,” katanya.

Dia menyebutkan kinerja penjualan di kuartal III/2022 melanjutkan pertumbuhan dan diharapkan bisa lebih baik dari kuartal II/2022. Sejumlah segmen yang mendorong penjualan adalah produk perawatan rambut dan produk makeup dasar.

Upaya peningkatan penjualan dilakukan TCID dengan berfokus pada produk-produk fast moving yang memberikan kontribusi besar terhadap total penjualan serta produk-produk baru yang berpotensi menjadi penopang pertumbuhan ke depannya.

Dari produk perawatan rambut, merek Gatsby tercatat membukukan pemulihan di semester I/2022, didukung oleh kinerja baik dari produk-produk unggulan dan produk-produk baru yang mendapatkan respons positif pasar.

Untuk kategori perawatan kulit dan makeup, khususnya merek Pixy, produk base makeup menjadi fokus penguatan TCID seiring dengan permintaan konsumen yang mulai pulih.

Sementara itu, untuk memulihkan kinerja produk kategori wangi-wangian, fokus akan diutamakan untuk produk wangi-wangian dengan botol kaca yang memberikan image eksklusif dan kualitas tinggi, tetapi ditawarkan dengan harga terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper