Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cari Dana Segar Rp3 Triliun, XL Axiata Perkuat Belanja Modal

Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengumumkan rencana penawaran umum obligasi dan sukuk total Rp3 triliun. Rencananya, dana bakal digunakan belanj
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  10:36 WIB
Cari Dana Segar Rp3 Triliun, XL Axiata Perkuat Belanja Modal
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengumumkan rencana penawaran umum obligasi dan sukuk total Rp3 triliun. Rencananya, dana bakal digunakan belanja modal dengan penetapan kupon mencapai 8,95 persen.

Adapun, emiten berkode EXCL ini bakal menawarkan Obligasi Berkelanjutan II XL Axiata Tahap I Tahun 2022 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan III XL Axiata Tahap I Tahun 2022 masing-masing sebesar Rp 1,5 triliun untuk Obligasi dan Sukuk.

Direktur & Chief Finance Officer XL Axiata, Budi Pramantika mengatakan dana hasil dari penawaran ini setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan seluruhnya oleh perusahaan untuk membiayai belanja modal.

Belanja modal yang dimaksud yakni guna meningkatkan kapasitas, memperluas jaringan,  dan meningkatkan kualitas layanan XL Axiata lebih lanjut.

"Penerbitan ini akan memungkinkan fleksibilitas keuangan yang lebih besar untuk lebih meningkatkan customer experience dan pelaksanaan lebih lanjut dari agenda transformasi terhadap tiga growth engines [Mobile, Enterprise dan Home and Convergence], dengan tujuan mencapai visi perseroan," jelasnya dikutip Kamis (28/7/2022).

Emiten berkode EXCL ini meyakini dan percaya penawaran Obligasi & Sukuk Ijarah kami ini akan mendapatkan respon yang positif dari para investor di pasar primer.

"Diharapkan keberhasilan penawaran umum ini akan dapat memperkuat struktur modal kami dan meningkatkan komposisi pendanaan jangka panjang kami sebagai bagian dari Agenda Transformasi XL Axiata," tambahnya.

Penerbitan ini merupakan bagian dari Program Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi dan Sukuk dengan target masing-masing senilai Rp 5 triliun. Program Sukuk Ijarah ini merupakan penawaran dengan nilai terbesar yang pernah diterbitkan oleh korporasi.

Obligasi dan Sukuk yang ditawarkan, masing-masing terdiri dari 4 seri, Seri A dengan jangka waktu 3 tahun, Seri B dengan jangka waktu 5 tahun, Seri C dengan jangka waktu 7 tahun, dan seri D dengan jangka waktu 10 tahun.

Adapun, kupon Obligasi/imbal hasil Sukuk yang ditawarkan berkisar antara 6,65 persen sampai dengan 8,95 persen.

 

Penawaran ini mendukung program pemerintah dalam mengembangkan sektor keuangan syariah di Indonesia, yang merupakan salah satu penerbit sukuk negara terbesar di dunia.

Baik Obligasi dan Sukuk Ijarah telah memperoleh peringkat AAA (idn) (Triple A) dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Penawaran Obligasi dan Sukuk ini didukung penuh oleh Para Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Joint Lead Underwriters) yang ditunjuk, yaitu BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas.

XL Axiata akan melaksanakan Penawaran Umum Obligasi dan Sukuk ini mulai 27 Juli 2022 sampai dengan 10 Agustus 2022.

Sedangkan Penjatahan akan dilakukan pada 26 Agustus dan mencatatkan Obligasi dan Sukuk tersebut pada Bursa Efek Indonesia pada tanggal 31 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata excl Obligasi belanja modal
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top