Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SSMS Selesaikan Tender Offer Global Bond Sekitar Rp3,8 Triliun

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) melakukan pembelian obligasi US$259,7 juta dari total bond US$300 juta.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  13:51 WIB
SSMS Selesaikan Tender Offer Global Bond Sekitar Rp3,8 Triliun
PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) melakukan pembelian obligasi US259,7 juta dari total bond US300 juta.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) telah menyesaikan pembayaran bagi pembelian kembali sebagian obligasi globalnya (Tender Offer) senilai US$259,7 juta atau sekitar Rp3,89 triliun.

SSMS menandatangani kesepakatan fasilitas pembiayaan sindikasi yang diberikan kepada perseroan yang dipimpin oleh 2 Bank nasional yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) dan PT Bank SyariahIndonesia (Persero) Tbk (BRIS) sebagai Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner (JMLAB) dengan nilai total pinjaman kredit senilai Rp3,6 Triliun.

Sebagai informasi, SSMS membuka periode penawaran Tender Offer obligasi globalnya pada tanggal 28 Juni 2022 sampai 8 Juli 2022. Global Bond SSMS diterbitkan melalui anakusahanya yaitu SSMS Plantation Holding Pte. Ltd. di Singapura, senilai US$300 juta pada 24 Januari 2018 yanglalu.

CFO Sawit Sumbermas Sarana Jap Hartono mengatakan SSMS telah merampungkan kewajibannya berkaitan dengan tender offer atas obligasi global perseroan yang telah diterbitkan oleh anak perusahaannya.

"Kami terus berinovasi guna keberlanjutan usaha dan memberikan yang terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan,” paparnya dalam keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Penyelesaian obligasi global ini memang tidak seluruhnya dilakukan, karena SSMS melakukan secara sukarela bagi investor yang ingin pembelian dilakukan lebih cepat. Pembayaran senilai US$259,7 juta dari US$300 juta atau sebanyak 87 persen investor telah berpartisipasi pembelian kembali, sisa dari obligasi yang belum bersedia mengikuti Tender Offer tersebut sebanyak 13 persen tetap akan berlaku hingga jatuh tempo, yaitu pada 23 Januari2023.

Corporate Secretary Sawit Sumbermas Sarana Swasti Kartikaningtyas mengatakan pihaknya tetap melaksanakan kewajiban untuk membayar kupon obligasi global dan sisa pokok obligasi global tersebut hingga waktu jatuh tempo pada Januari 2023.

"Kinerja SSMS sangat positif, sehingga kami yakin akan kemampuan perseroan untuk tetap melaksanakan kewajibannya,” jelasnya.

Manajemen telah memperkirakan ke depannya kinerja akan lebih optimal dengan melakukan Tender Offer, bukan hanya untuk keberlanjutan bisnis semata, tetapi untuk lebih mengembangkan SSMS dapat bersaing di industri kelapa sawit yang dinamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SSMS sawit sumbermas sarana global bond Obligasi obligasi korporasi
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top