Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dari DYOR, OG, hingga Gas Fee, Kenali Istilah-Istilah Ini Sebelum Terjun ke Dunia NFT

Sebelum masuk ke dunia NFT, sebaiknya calon investor memahami sejumlah istilah yang umum digunakan saat membicarakan aset ini.
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di  Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg/Chris J. Ratcliffe
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg/Chris J. Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA – Kemunculan Non-Fungible Token (NFT) sebagai salah satu aset investasi telah menarik banyak perhatian dan minat masyarakat, termasuk di Indonesia.

NFT adalah aset digital sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT dapat meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke dunia NFT, sebaiknya calon investor memahami sejumlah istilah yang umum digunakan saat membicarakan aset ini. Berikut adalah beberapa istilah populer terkait dunia NFT yang dikutip dari beragam sumber:

DYOR – merupakan singkatan dari Do Your Own Research. Artinya, calon investor melakukan riset terlebih dahulu bertransaksi NFT agar tidak mengalami kerugian besar setelahnya.

Minting - istilah yang digunakan dalam kegiatan pengunggahan (uploadhasil karya di blockchain. Proses minting bisa dilakukan tanpa pihak ketiga atau menggunakan layanan pihak ketiga.

Gas Fee - adalah nilai yang diperlukan seseorang dalam melakukan transaksi atau menyusun kontrak baru di dalam sistem Ethereum. Singkatnya, gas fee adalah biaya transaksi di dalam ranah blockchain Ethereum.

Gas fee digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dari mesin virtual Ethereum (EVM). Sehingga, aplikasi terdesentralisasi yang berjalan di atas sistem blockchain Ethereum dapat berjalan dengan aman. Gas fees biasanya dihitung dalam satuan Gwei dan ditentukan oleh penawaran dan permintaan antara penambang serta pengguna jaringan Ethereum melalui proses lelang.

WAGMI – WAGMI atau We All Gonna Make It merupakan perasaan senang yang ditunjukkan seseorang apabila ada orang lain yang mulai paham mengenai dunia NFT dan membeli seni digital NFT.

NGMI – NGMI atau Not Gonna Make It merujuk kepada perasaan menyesal khususnya bagi seseorang yang sudah terlanjur mengambil keputusan yang kurang tepat.

Floor Price - Harga jual terendah suatu NFT pada marketplace dan bukan harga rata-rata suatu item. Floor price biasanya diperbarui otomatis secara real-time oleh sistem.

OG – OG atau Original Gangster merujuk kepada orang yang lebih dulu berkecimpung di komunitas NFT dan memiliki banyak pengalaman, serta ilmu tentang dunia NFT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper