Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Pandemi, XL Axiata (EXCL) Tetap Genjot Ekspansi

Hingga akhir September 2020, perseroan tercatat memiliki 142.598 Base Transceiver Station (BTS). Jumlah ini meningkat sekitar 10 persen dari jumlah BTS di periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 129.261.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 05 November 2020  |  11:43 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. terus menggenjot ekspansinya sepanjang tahun berjalan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menuturkan pandemi Covid-19 tidak menghalangi emiten bersandi EXCL ini untuk terus membangun jaringan.

Hingga akhir September 2020, perseroan tercatat memiliki 142.598 Base Transceiver Station (BTS). Jumlah ini meningkat sekitar 10 persen dari jumlah BTS di periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 129.261.

“Dari total sebanyak itu, 53.055 merupakan BTS 4G,” jelas Dian, dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Kamis (5/11/2020)

Sementara itu, tambah Dian, jika dilihat dari luas cakupan wilayah, jaringan 4G milik EXCL telah melayani pelanggan di 458 kota/kabupaten di hampir semua provinsi yang ada di Tanak Air.

Dengan ekspansi yang dilakukan, total belanja modal EXCL sepanjang periode sembilan bulan 2020 sebesar Rp5,06 triliun untuk capitalized capex, turun 8 persen yoy. Adapun untuk commited capex sebesar 3,61 triliun, naik 4 persen yoy.

Adapun, guna menyiapkan jaringan menuju 5G, perseroan juga terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan.

Dian menjelaskan, fiberisasi ini untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

“Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming,” ujarnya.

Selain itu EXCL juga mendorong pemanfaatan digital IT, artificial intelligent dan data analytics juga terus XL Axiata lanjutkan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data.

“Dengan demikian perusahaan bisa lebih tepat dalam pembuatan produk layanan baru yang memang dibutuhkan setiap segmen pelanggan. Selain itu, penawaran produk juga bisa lebih terarah, sesuai dengan karakter setiap segmen,” katanya.

Sepanjang periode sembilan bulan pertama tahun ini, perseroan mengenalkan beberapa penawaran baru, yaitu Fitur XTRA UNLIMITED TURBO dan Unlimited 1 jam untuk pelanggan layanan prabayar XL, dan paket Edu-Pack untuk pelanggan AXIS, juga myPRIO x unlimited untuk pelanggan pascabayar Prioritas.

Di sisi lain, perseroan mengimplementasikan sejumlah proyek inovatif untuk memperkuat proses bisnis serta meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan, salah satu proyek inovatif tersebut adalah SAP4HANA.

Dalam proyek tersebut, EXCL menjadi operator pertama di Asia Tenggara yang mengimplementasikan guna menyederhanakan data dan proses internal dan juga meningkatkan produktivitas.

Kemudian, perseroan juga meluncurkan aplikasi myXL yang telah ditingkatkan manfaatnya. Aplikasi yang baru ini telah disederhanakan dan lebih mudah digunakan karena memiliki kemampuan mempersonalisasi setiap pelanggan yang menggunakannya.

“Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya,” imbuh Dian.

Layanan masa depan selanjutnya yang telah disiapkan adalah Live.On. Layanan ini memungkinkan setiap pengguna mendapatkan kendali penuh atas layanan data paket data yang besar dengan satu kuota untuk menentukan semua aplikasi yang dibutuhkan, jaringan, dan masa waktu penggunan.

Pengguna juga akan mendapatkan kecepatan akses yang maksimal, akumulasi sisa data hingga 1.000 GB. Layanan ini sepenuhnya digital. XL Axiata berharap layanan ini akan menjawab ekspektasi pelanggan di masa depan yang memiliki karakter sangat dinamis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata Kinerja Emiten ekspansi usaha Covid-19
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top