Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Menara (TOWR) Tebar Dividen Rp1,2 Triliun, Berapa Jatah Bos Djarum?

Grup Djarum melalui Sapta Adhikari Investama (SAI) memiliiki 50,89 persen saham Sarana Menara Nusantara (TOWR). Emiten menara telekomunikasi akan membagikan total dividen sebanyak Rp1,2 triliun.
Michael Hartono/Istimewa
Michael Hartono/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pundi-pundi orang terkaya di Indonesia, yakni Hartono bersaudara bakal bertambah seiring rencana pembayaran dividen dari salah satu perusahaan yang mereka miliki. Kali ini kucuran dividen datang dari PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).

Seperti diketahui, saham mayoritas TOWR dipegang oleh PT Sapta Adhikari Investama (SAI) yang merupakan perusahaan investasi milik keluarga Hartono. Tercatat per 9 April 2020, SAI memiliki 50,89 persen atau 25.961.486.765 saham TOWR.

Sebelumnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung di Menara BCA, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2020) kemarin, emiten menara telekomunikasi tersebut memutuskan akan membagikan dividen senilai Rp896,67 miliar.

Wakil Direktur Utama TOWR Adam Ghifari menyebutkan perseroan sebelumnya sudah membagikan dividen interim pada bulan Desember 2019 sebesar Rp302,88 miliar, sehingga total dividen yang akan dibagikan berkisar Rp1,2 triliun.

“Selanjutnya, sisa dividen tunai yang akan dibagikan oleh perseroan adalah Rp17,86 per saham atau sekitar Rp896,67 milIar,” ungkap Adam kepada Bisnis.com, Selasa (5/5/2020).

Mengacu pada jumlah dividen yang akan dibagikan dan total kepemilikan saham SAI di TOWR, Budi dan Michael Hartono berhak mendapatkan dividen dari laba TOWR tahun buku 2019 sebesar Rp458,99 miliar.

Dari waktu ke waktu, SAI terpantau terus menambah kepemilikannya di TOWR. Per akhir Desember 2019 lalu, anak usaha Djarum ini memiliki 50,05 persen saham, kemudian pada Januari 2020 meningkat menjadi 50,28 persen, dan kini mencapai 50,89 persen.

Adapun selain yang dimiliki oleh kakak beradik Hartono, 47,53 persen sisa saham di TOWR merupakan milik masyarakat dan 1,58 persen lainnya adalah saham treasury.

Per akhir perdagangan Selasa (5/5/2020), saham TOWR berada pada harga 895 per saham dengan kapitalisasi pasar Rp45,66 triliun. Dalam periode tahun berjalan, kinerja saham TOWR cukup moncer karena mengalami kenaikan 11,18 persen di tengah tekanan pasar sepanjang tahun berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper