Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bergerak Liar, BEI Suspensi Saham META Milik Grup Salim

BEI mengumumkan pemberlakuan suspensi atau penghentian perdagangan sementara untuk saham emiten Grup Salim PT Nusantara Infrastucture Tbk. (META).
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan pemberlakuan suspensi atau penghentian perdagangan sementara untuk saham emiten Grup Salim PT Nusantara Infrastucture Tbk. (META). Suspensi dilakukan setelah saham META mengalami kenaikan harga secara signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

BEI dalam pengumuman tertanggal 02 Oktober 2023 menyebutkan pengentian dilakukan dalam rangka cooling down setelah terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham META. Dalam sepekan terakhir, harga saham META telah naik 33,33 persen dan melesat 145,61 persen sebulan terakhir.

“BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Nusantara Infrastucture Tbk. (META) pada perdagangan 3 Oktober 2023,” tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Yulianto Aji Sadono, dikutip Selasa (3/10/2023). 

BEI menyebutkan penghentian sementara perdagangan META dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar. Dengan demikian, pelaku pasar dapat mempertimbangkan secara matang keputusan investasinya di META berdasarkan informasi yang ada.

“Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,” tutup Yulianto.

Saham META terpantau kembali menguat sebesar 25 persen ke level harga Rp280 per saham pada penutupan perdagangan kemarin, Senin (2/10/2023). Pergerakan saham META melanjutkan tren penguatan sejak beberapa minggu lalu.

Kenaikan harga saham yang di luar kebiasaan ini membuat BEI memasukkan saham META dalam daftar unusual market activity (UMA) pada akhir bulan lalu.

“Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham META yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity),” tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Yulianto Aji Sadono dalam pengumuman tertanggal 27 September 2023.

Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal. Namun investor diharapkan memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa dan mencermati kinerja META dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diminta mengkaji kembali rencana aksi korporasi apabila belum mendapatkan persetujuan RUPS dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper