Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Kompak Melemah Bareng Dolar AS Jelang Rilis Data Inflasi

Nilai tukar rupiah ditutup melemah bersama dolar AS pada perdagangan hari ini, Senin (11/9/2023), jelang pengumuman data inflasi AS pekan ini.
Karyawati menghitung mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di tempat penukaran uang asing di Jakarta, Senin (14/8/2023). Bisnis/Suselo Jati
Karyawati menghitung mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di tempat penukaran uang asing di Jakarta, Senin (14/8/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah ditutup melemah pada Senin (11/9/2023). Pada saat yang sama, dolar AS juga melempem jelang pengumuman data inflasi pekan ini dan keputusan kebijakan suku bunga acuannya pada 20 September 2023.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 2 poin atau 0,01 persen menuju level Rp15.330 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS juga melemah 0,31 persen ke 143,65.

Sementara itu, mata uang lain di kawasan Asia mayoritas mengalami penguatan. Won Korea, misalnya, menguat 0,12 persen, diikuti yuan China yang naik 0,72 persen, yen Jepang menguat 1,10 persen, dan rupee India beserta ringgit Malaysia menguat 0,06 persen.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pergerakan nilai tukar akan berfokus pada pengumuman data inflasi AS dan harga produsen pada pekan ini.

Menurutnya, data-data tersebut akan dipelajari secara cermat oleh pelaku pasar guna mendapatkan petunjuk lebih lanjut terkait kebijakan moneter dan jalur suku bunga.

“Fed secara luas diperkirakan bakal mempertahankan suku bunganya pada pertemuan minggu depan, namun data yang menunjukkan inflasi tetap stabil dapat menunjukkan kenaikan lagi pada akhir tahun ini,” ujarnya dalam riset harian, Senin (11/9).

Sementara itu, inflasi konsumen China kembali ke level positif pada Agustus. Pada saat bersamaan, inflasi harga juga turun lebih lambat dibandingkan pada awal tahun ini.

Data tersebut ditambah dengan langkah otoritas Beijing yang saat ini lebih cenderung mendukung sektor properti. Upaya tersebut bertujuan menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi di negara importir tembaga terbesar di dunia ini.

“Namun, data lain pada bulan Agustus masih memberikan gambaran beragam mengenai perekonomian Tiongkok, yang sedang berjuang menghadapi perlambatan pemulihan pasca-Covid,” ujar Ibrahim.

Dari sisi internal, dia menuturkan pelaku pasar memperkirakan The Fed baru akan menaikkan suku bunga acuan pada kuartal IV/2023. Adapun The Fed akan mengumumkan keputusan kebijakan Fed Fund Rate (FFR) pada 20 September mendatang.

Menurutnya, The Fed ke depan masih akan memberikan tekanan pada pasar keuangan negara berkembang, termasuk Indonesia lantaran ada potensi kenaikan hingga dua kali lipat.

“Suku bunga The Fed akan berpotensi meningkat hingga 6 persen bahkan juga ada probabilitas akan naik dua kali lipat karena inflasi masih tinggi dan ekonomi masih kuat,” ujarnya.

Kendati demikian, stabilitas nilai tukar rupiah diperkirakan tetap terjaga sejalan dengan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian Indonesia, serta inflasi yang rendah. Begitu pula dengan imbal hasil aset keuangan domestik yang menarik.

Apalagi Bank Indonesia (BI) juga terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah melalui intervensi di pasar valas, yakni efektivitas implementasi instrumen penempatan Devisa Hasil Ekspor (DHE), serta penerbitan instrumen operasi moneter untuk mendukung pendalaman pasar uang, dan mendorong masuknya aliran portofolio asing.

Ibrahim memperkirakan rupiah pada perdagangan Selasa (12/9/2023) akan bergerak secara fluktuatif tetapi ditutup menguat di rentang Rp15.290 hingga Rp15.370. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper