Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil RUPS Grup Djarum Blibli (BELI), Siap Lepas 4 Miliar Saham

Entitas Grup Djarum, Global Digital Niaga (BELI) atau Blibli mengadakan RUPS dan RUPSLB, dengan salah satu pembahasan mengenai MESOP.
Entitas Grup Djarum, Global Digital Niaga (BELI) atau Blibli mengadakan RUPS dan RUPSLB, dengan salah satu pembahasan mengenai MESOP. /Blibli
Entitas Grup Djarum, Global Digital Niaga (BELI) atau Blibli mengadakan RUPS dan RUPSLB, dengan salah satu pembahasan mengenai MESOP. /Blibli

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi Grup Djarum PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Senin (19/6/2023). Salah satu pembahasan dalam RUPS ini adalah program kepemilikan saham karyawan dan manajemen atau MESOP.

CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto menyampaikan pihaknya mengapresiasi dukungan pemegang saham yang telah memungkinkan BELI mencapai pertumbuhan bisnis yang positif dan keuangan yang sehat pada tahun buku 2022. 

Dia menuturkan BELI terus beradaptasi dan melakukan inovasi untuk dalam menavigasi strategi bisnis di tengah tekanan ekonomi global sepanjang 2022. 

"Kami terus menyesuaikan strategi untuk mempertahankan daya saing bisnis dan menjawab tren yang senantiasa berubah dengan fokus pada empat aspek utama yaitu memperluas pilihan produk, memperkuat pelayanan pelanggan, mewujudkan kemajuan melalui inovasi berbasis kenyamanan ekosistem dan delight-enhancing data, dan pengembangan ekosistem omnichannel," kata Kusumo, Senin (19/6/2023).

Pada RUPST, pemegang saham BELI juga menyetujui laporan direksi dan laporan tahunan BELI, termasuk laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. 

Meskipun belum membagikan dividen karena kerugian pada tahun buku, Kusumo menuturkan BELI mencatat kinerja positif dengan peningkatan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) terhadap Total Processing Value (TPV) sebesar -7,8 persen pada tahun 2022, meningkat dari -10,4 persen pada tahun sebelumnya. Pendapatan neto BELI tumbuh 72 persen secara tahun ke tahun dari Rp8,85 triliun pada 2021 menjadi Rp15,26 triliun pada 2022.

Pencapaian tersebut didorong oleh beberapa peristiwa penting sepanjang tahun 2022, termasuk pembukaan gerai offline baru dan sinergi bisnis melalui ekosistem Blibli Tiket dengan tiket.com dan Ranch Market. 

RUPST BELI juga menyetujui agenda lain seperti penetapan gaji, honorarium, tunjangan anggota direksi dan dewan komisaris, penunjukan akuntan publik independen, dan laporan penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana.

Para pemegang saham juga menyetujui pengangkatan Ronald Winardi sebagai anggota direksi baru yang akan menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO). Hendry, salah satu Co-Founder Blibli, ditugaskan sebagai Chief Commercial Officer untuk memimpin dan memperkuat bidang komersial BELI. 

Sementara itu, pada RUPSLB, BELI mendapatkan persetujuan pemegang saham independen untuk program kepemilikan saham manajemen dan karyawan (MESOP) melalui penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan jumlah maksimal 4 miliar saham baru atau sebesar 3,38 persen dari modal ditempatkan dan disetor BELI. 

Adapun berikut adalah susunan jabatan dari Dewan Komisaris dan Direksi Blibli.

Dewan Komisaris dan Direksi Blibli

Dewan Komisaris:

- Komisaris Utama: Martin Basuki Hartono

- Wakil Komisaris Utama: Honky Harjo

- Komisaris Independen: Raden Pardede

- Komisaris Independen: Kusmayanto Kadiman

Direksi:

- Direktur Utama: Kusumo Martanto

- Direktur: Hendry

- Direktur: Lisa Widodo

- Direktur: Eric Alamsjah Winarta

- Direktur: Andy Untono

- Direktur: Ronald Winardi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper