Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kolaborasi Elnusa (ELSA) dan Pertamina Hulu Temukan Cadangan Migas Baru di Kaltim

Kolaborasi antara Elnusa (ELSA) dan Pertamina Hulu Indonesia (PHI) berhasil menemukan cadangan migas baru di sumur Helios D-1 Kaltim.
Aktivitas operasional PT Elnusa Tbk. Kolaborasi antara Elnusa (ELSA) dan Pertamina Hulu Indonesia (PHI) berhasil menemukan cadangan migas baru di sumur Helios D-1 Kaltim./elnusa.co.id
Aktivitas operasional PT Elnusa Tbk. Kolaborasi antara Elnusa (ELSA) dan Pertamina Hulu Indonesia (PHI) berhasil menemukan cadangan migas baru di sumur Helios D-1 Kaltim./elnusa.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. (ELSA) bersama dengan PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) berhasil menemukan cadangan minyak dan gas (Migas) baru di sumur Helios D-1 yang berlokasi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Capaian tersebut menjadi tenaga baru dalam mendukung target pemerintah untuk memproduksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas 12 BSCFD pada 2030 mendatang.

Direktur Operasi Elnusa, Charles Harianto Lumbantobing mengatakan temuan cadangan migas dan sumber daya migas tersebut merupakan hasil kerja keras serta kolaborasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, mulai dari PHSS, Pertamina EP, Elnusa, dan para kontraktor lainnya. 

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama kepada para Perwira Elnusa yang telah berkontribusi positif dalam temuan cadangan dan sumber daya migas baru sehingga turut menyokong pencapaian target Pemerintah dalam menuju produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas 12 BSCFD pada tahun 2030,” ucap Charles dalam keterangan pers, Kamis (25/5/2023).

Sejak bergabung pada 5 Oktober 2022 lalu, Charles menerangkan, Elnusa terlibat dalam operasi pengeboran sumur eksplorasi HLX D-1 dan pengeboran sumur pengembangan LSE-1147 dengan menyediakan rig EMR-01 dengan tenaga 1.500 horse power (HP), peralatan pendukung dan sumber daya manusia, dengan lingkup pekerjaan terkait dengan fungsi rig.

Dari sisi inovasi dan teknologi yang digunakan, para Elnusa juga berinisiatif melakukan upaya upgrading, management of change, re-engineering, hingga modifikasi dari peralatan yang dipakai untuk mendapatkan kinerja optimal dalam pekerjaan pengeboran yang dilakukan.

Lebih lanjut Charles mengatakan kesuksesan penemuan sumber daya dan penambahan cadangan migas baru lewat program Borderless Operation tersebut menjadi bukti keunggulan teknis serta komunikasi yang baik dari Elnusa dalam bekerja sama dengan PHSS dan Pertamina EP yang tergabung di bawah Subholding Upstream Pertamina.

“Ke depannya, Elnusa selalu siap untuk terlibat dalam berbagai kegiatan operasi di wilayah-wilayah kerja migas lainnya di lingkungan Pertamina sehingga dapat menghasilkan nilai tambah bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) John Anis menilai peran Elnusa cukup signifikan dalam keberhasilan penemuan sumber daya migas baru dari sumur Helios D-1.

“Strategi Borderless Operation yang diterapkan oleh PHI dalam sinergi PHSS dan Pertamina EP di Wilayah Kerja yang saling beririsan, dapat dijawab Elnusa dengan kegiatan pengeboran yang sesuai target, berjalan lancar dan selamat, serta mendapatkan hasil yang diharapkan,” ujarnya.

Berdasarkan data PHI, John menambahkan bahwa temuan sumber daya migas baru dari sumur Helios D-1 memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Karena itu ke depannya sangat terbuka pengembangan potensi play area baru untuk menambah cadangan migas dan mendukung keberlangsungan produksi dari PHSS.

“Kami berharap sinergi yang baik dengan Elnusa dapat terus dijalankan dalam kegiatan pengeboran sumur pengembangan maupun sumur eksplorasi lainnya yang kami kerjakan di lokasi lain sehingga mendukung langkah kami dalam mendukung peningkatan produksi migas demi ketahanan energi nasional,” tutup John.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper