Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukuk Tabungan ST010 Meluncur Hari Ini, Minimal Pemesanan Rp1 Juta

Nilai investasi Sukuk Tabungan Seri ST010 terbilang terjangkau. Investor bisa memulai pemesanan dari Rp1 juta.
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA — Mandiri Sekuritas resmi ditunjuk sebagai salah satu mitra distribusi resmi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel, Sukuk Tabungan seri ST010, yang ditawarkan mulai hari ini, Jumat (12/5/2023). Mandiri Sekuritas menyebutkan investasi dalam instrumen ini memiliki sejumlah keuntungan bagi para investor.

ST010 merupakan produk yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah untuk membiayai proyek-proyek ramah lingkungan dan dikelola dengan prinsip syariah yang tidak mengandung unsur judi (maysir), ketidakjelasan (gharar), dan riba (usury).

Selain unsur lingkungan hidup, perbedaan lain ST010 dengan sukuk tabungan seri sebelumnya adalah kehadiran dua pilihan tenor yang ditawarkan pemerintah, yakni ST010-T2 untuk tenor 2 tahun dan ST010-T4 untuk tenor 4 tahun.

Investor akan mendapatkan imbal hasil atau kupon tetap minimal 6,25 persen per tahun untuk ST010-T2 , sementara di ST010-T4 sebesar 6,4 persen per tahun. Pembayaran imbal hasil akan dilakukan setiap tanggal 10 terhitung mulai 10 Juli 2023.

Nilai investasi Sukuk Tabungan Seri ST010 terbilang terjangkau. Investor bisa memulai pemesanan dari Rp1 juta dan kelipatannya untuk ST010-T2 dan maksimum pembelian sebesar Rp5 miliar. Sementara itu, maksimal pemesanan untuk ST010-T4 adalah Rp10 miliar.

“Dengan berinvestasi di ST010, investor berpartisipasi dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional karena produk ini diluncurkan sebagai wujud komitmen pemerintah untuk bergantung kepada pembiayaan dalam negeri,” kata Direktur Retail Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik, Jumat (12/5/2023).

Sebagai perusahaan efek yang dominan di industri pasar modal Indonesia, Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangun negeri dan pertumbuhan investasi nasabah.

Dia menambahkan ST010 merupakan pilihan tepat bagi nasabah untuk mendiversifikasi investasi di pasar modal karena dijamin oleh pemerintah. Lebih lanjut, produk ini juga merupakan solusi investasi yang dapat menjaga nilai aset nasabah di tengah tingkat suku bunga tinggi.

“Produk ini dapat dibeli oleh seluruh nasabah dari segala jenis profil risiko dan keyakinan dengan mudah, online, dari mana saja dan aman melalui most.co.id,” tambah Theodora.

Sukuk Tabungan Seri ST010 ditawarkan mulai 12 Mei sampai 7 Juni 2023. Selama 27 hari masa penawaran, ST010 dapat dibeli melalui situs web sbn.most.co.id. ST010-T2 sendiri akan jatuh tempo pada 10 Juni 2025 dan ST010-T4 pada 10 Juni 2027.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper