Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dicaplok CVC, Samator Indo Gas (AGII) Targetkan Margin Laba Dua Digit

Dalam 2-3 tahun ke depan, AGII menargetkan pendapatan tumbuh hingga dua kali tingkat Pertumbuhan PDB Nasional.
Stasiun pengisian gas milik PT Aneka Gas Industri Tbk./anekagas.com
Stasiun pengisian gas milik PT Aneka Gas Industri Tbk./anekagas.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten gas keluarga Harsono PT Samator Indo Gas Tbk. (AGII) berharap bisa mencatat pertumbuhan margin laba hingga dua digit setelah mendapat kucuran investasi senilai US$155 juta, atau setara dengan Rp2,38 triliun dari Matrix Company Limited, anak usaha CVC Capital Partners (CVC).

Direktur Utama AGII Rachmat Harsono mengatakan kerja sama dengan CVC akan dimanfaatkan perseroan untuk melakukan ekspansi berupa pembangunan pabrik baru di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, Indonesia.

Sebelumnya, AGII telah mengumumkan pelanggan pertamanya di KITB, KCC Glass Corporation, yang akan membangun salah satu pabrik kaca terbesar di Asia Tenggara.

Adapun, rencananya konstruksi pabrik tersebut akan dimulai pada Maret 2023 ini, dan diperkirakan menelan belanja modal (capex) sebesar Rp500 miliar hingga Rp600 miliar. Capex akan dialokasikan untuk mendukung tahap pembangunan yang akan berlangsung hingga akhir 2024.

Selain itu, dana investasi tersebut juga akan digunakan AGII untuk tidak hanya melayani kebutuhan gas industri dan medis di Jawa Tengah, tetapi juga akan semakin mengembangkan bisnis pipeline dengan melayani tenant-tenant lainnya di KITB. Kawasan industri ini direncanakan akan menjadi kawasan yang mendukung pengembangan industri mobil listrik di Indonesia.

“Dalam 2-3 tahun ke depan, AGII menargetkan agar pendapatan tumbuh hingga dua kali tingkat Pertumbuhan PDB Nasional, dan menargetkan agar margin laba bersih untuk mencapai dua digit melalui optimalisasi operasional serta inisiatif-inisiatif komersial strategis,” kata Rachmat dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (16/3/2023).

Selain itu, manajemen AGII juga akan terus mengkaji dan,mengejar strategi pertumbuhan organik maupun anorganik.

Partner and Head CVC Indonesia Andy Purwohardono menambahkan, investasi CVC kepada AGII merupakan investasi kedelapan di Indonesia sejak 2010, dan CVC optimistis akan potensi ekonomi yang kuat di Tanah Air.

“Kami tidak hanya melihat investasi ini sebagai peluang untuk mendukung bisnis yang sukses pada tahap selanjutnya dari perjalanan pertumbuhannya, tetapi juga peluang untuk turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Nantinya CVC akan berbagi pengetahuan global dan praktik terbaik dengan AGII agar investasi tersebut dapat membawa manfaat yang signifikan bagi AGII. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper