Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teknologi Karya (TRON) Siapkan Sejumlah Ekspansi setelah IPO

Emiten teknologi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON) menyiapkan sejumlah rencana ekspansi setelah IPO.
Emiten teknologi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON) menyiapkan sejumlah rencana ekspansi setelah IPO. /Dok.BEI.
Emiten teknologi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON) menyiapkan sejumlah rencana ekspansi setelah IPO. /Dok.BEI.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten penyedia solusi sistem informasi berbasis telematika dan internet of things (IoT), PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON) menyiapkan sejumlah rencana ekspansi setelah IPO.

TKDN atau TRON resmi mencatatkan saham perdana (listing) di papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu 8 Maret 2023. Melalui IPO, TRON menghimpun dana Rp135 miliar.

Presiden Direktur PT TKDN David Santoso mengatakan sebesar 30 persen dari dana IPO akan digunakan untuk belanja modal dalam bentuk penambahan areal operasional yang berlokasi di Jawa Barat serta pengembangan command center dan pabrik untuk peralatan hardware.

“Kami juga akan melakukan pengembangan sistem yang sejalan dengan ekspansi yang akan dimulai secara bertahap dari kuartal II/2023. Transaksi perluasan area operasional akan dilakukan dengan pihak ketiga pada kuartal II/2023, sedangkan penambahan dan pengembangan sistem akan dilakukan dengan pihak ketiga pada kuartal II/2023,” katanya, dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Sedangkan sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja, terdiri dari biaya operasional proyek pekerjaan pengembangan smart city dan business solution provider dalam aspek transportasi di berbagai kota di Indonesia.

Selanjutnya untuk biaya tenaga kerja dan pembelian bahan baku produk serta pengembangan segmen distribusi penjualan produk dan layanan melalui jalur Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Salah satu yang tengah direncanakan adalah sistem kartu untuk universal payment yang tidak terikat kepada bank tertentu dan bersifat universal.

David menjelaskan, setelah IPO ini, direksi perseroan berencana untuk membagikan dividen kepada pemegang saham dengan nilai sebanyak-banyaknya 20 persen dari laba bersih dimulai dari tahun 2024 memakai buku untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023, dengan memperhatikan keputusan para pemegang saham dalam RUPS.

Sebelumnya, selama masa penawaran umum, berdasarkan sistem e-IPO, TRON mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 27,29 kali. Penyebaran pembeli saham tersebar pada 34 provinsi di seluruh Indonesia dan 6 negara.

Pada penawaran umum perdana (initial public offering/IPO saham), TRON menawarkan sebanyak 750.000.000 saham baru atau 25,42 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan harga perdana Rp 180 per saham, sehingga TRON berhasil mengantongi dana IPO sebesar Rp135 miliar.

Adapun yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek sekaligus penjamin emisi efek yakni PT Surya Fajar Sekuritas, dengan komitmen kesanggupan penuh.

TRON juga menerbitkan sebanyak 375.000.000 Waran Seri I yang menyertai saham baru maksimal 17,05 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Waran ini diberikan cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Setiap pemegang 2 saham baru, berhak mendapat 1 Waran Seri I, di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru TRON. Harga pelaksanaan waran yakni Rp 250 per saham sehingga total hasil pelaksanaan waran maksimal sebesar Rp 93,75 miliar. 

Pelaksanaan waran berlaku 6 bulan atau lebih sejak efek tersebut diterbitkan, yakni mulai 8 September 2023 sampai dengan 7 Maret 2025.

Pada penutupan perdagangan Jumat (10/3/2023) saham TRON naik 5,15 persen atau 14 poin menjadi Rp286. Kapitalisasi pasarnya Rp843,7 miliar dengan valuasi PER 32,13 kali dan PBV 29,52 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper