Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar-kejaran GOTO, Grab dan Sea Group Cetak Profit, Siapa Tercepat?

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) optimistis bisa mencapai adjusted ebitda lebih cepat dari para kompetitornya.
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) optimistis bisa mencapai adjusted ebitda lebih cepat dari para kompetitornya.

Direktur Utama Goto Gojek Tokopedia Andre Soelistyo mengatakan perseroan kini memiki target pencapaian adjusted ebitda yang baru. Dengan begitu akan membawa perseroan semakin mendekati arus kas operasional positif. 

Beberapa strategi yang coba dia jalankan adalah mengoptimisasi pendapatan, pengelolaan beban usaha, serta pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan. 

Dia menjelaskan adjusted ebitda merupakan proxy indikator untuk menunjukkan arus kas yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis secara mandiri tanpa pendanaan eksternal.

”Sebagai hasil dari pelaksanaan strategi yang terus berlangsung tersebut, Perseroan akan dapat mencatatkan ebitda yang disesuaikan menjadi positif pada kuartal empat 2023. Perseroan memiliki sumber daya manusia yang tepat, didukung oleh likuiditas yang mencukupi untuk melaksanakan rencana kami, sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem teknologi paling berdampak di Indonesia, dan mampu memberi nilai positif bagi masyarakat,” ucap Andre Soelistyo dikutip Jumat (17/2/2023).

Adapun target itu lebih cepat dibandingkan perkiraan sebelumnya serta konsensus analis yang sempat memerkirakan pencapaian ini bisa terealisasi pada 2024 dan bahkan ada yang menyebut baru bisa positif pada 2025.

Direktur Goto Gojek Tokopediq Jacky Lo menambahkan sinyal positif adjusted EBITDA diawali dengan mulai positifnya margin lontribusi seluruh segmen bisnis GoTo. Yakni layanan on-demand, e-commerce, dan goto financial. Menurutnya segmen bisnis on-demand sudah positif sejak akhir tahun 2022 sedangkan dua lainnya mulai kuartal pertama 2023.

”Hal ini menunjukkan kami dapat terus tumbuh secara sehat sambil terus melaju cepat menuju profitabilitas. Perseroan melakukan kajian secara berkala untuk memastikan implementasi optimal dari strategi bisnis yang berfokus pada bisnis intinya,” ujarnya.

Di sisi lain, para kompetitor GOTO juga tengah mengejar torehan fundamental yang positif. Dalam catatan Bisnis, Perusahaan yang didukung oleh SoftBank Group Corp ini juga mengejar titik impas atau break even point (BEP) pada semester II/2024 secara bersyarat.

Sementara itu, SEA Group menargetkan bisa menorehkan adjusted ebitda positif pada akhir tahun 2023.

Di sisi lain, Tim Riset CGS CIMB menargetkan saham GOTO bisa dikerek naik ke Rp150. Hal itu menyusul proyeksi anyar dari perseroan yang bisa mencapai profitabilitas lebih cepat.

"Kami menaikkan rating kami dari tahan menjadi beli dengan target harga yang lebih tinggi Rp150 per saham dari sebelumnya Rp115 per saham. Kami meningkatkan target karena melihat prospek monetisasi yang lebih baik dan inisiatif pemotongan biaya dari manajemen," tulis tim. Mereka menilai profitabilitas GOTO bakal didorong oleh pengoptimalan pendapatan, pengendalian biaya dan pengenalan fitur baru dalam ekosistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper