Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penjualan Nyaris Rp5 Triliun, Pemerintah Tambah Lagi Kuota ST009

Sebagai catatan, kuota penjualan ST009 telah ditambah beberapa kali dari Rp3 triliun, kemudian Rp4 triliun, Rp5 triliun, dan terakhir Rp5,5 triliun.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 16 November 2022  |  13:08 WIB
Penjualan Nyaris Rp5 Triliun, Pemerintah Tambah Lagi Kuota ST009
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia - Antara/Prasetyo Utomo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 hampir mencapai Rp5 triliun pada hari kelima penawarannya, Rabu (16/11/2022). Pemerintah pun kembali menambah kuota penjualan obligasi ritel ini.

Berdasarkan data yang dilansir dari salah satu mitra distribusi daring sekitar pukul 12.00 WIB, total penjualan ST009 telah menyentuh Rp4,98 triliun. Adapun kuota pemesanan tercantum Rp514,29 miliar dari target Rp5,5 triliun.

Sebagai catatan, kuota penjualan tersebut telah ditambah beberapa kali dari Rp3 triliun, kemudian Rp4 triliun, Rp5 triliun, dan terakhir Rp5,5 triliun.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede memaparkan tingginya permintaan terhadap ST009 utamanya didukung oleh kupon yang relatif tinggi dibandingkan dengan dengan SBN ritel yang terbit sebelumnya. 

Masyarakat juga tertarik dengan sifat kupon ST009 yang mengambang atau floating with floor. Dengan proyeksi Bank Indonesia (BI) masih berpotensi menaikan suku bunga lagi dalam 3 bulan ke depan, maka kupon ST juga akan naik.

“Nilai kupon yang menarik juga menjadi daya tarik ST009 dibandingkan dengan aset finansial lainnya, seperti deposito yang peningkatannya cenderung bersifat gradual,” jelasnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (16/11/2022).

Josua memprediksi penyerapan ST009 ini akan tinggi dan berpotensi menembus Rp6 triliun sepanjang masa penawarannya.

Sebelumnya, Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Dwi Irianti mengatakan antusiasme investor ritel akan cukup besar pada ST009.

Seiring dengan hal tersebut, Dwi mengatakan pemerintah siap mengakomodir animo masyarakat dengan menambah kuota penjualan. Meski demikian, pemerintah akan menambah kuota tersebut sesuai dengan batas maksimum yang telah ditetapkan

"Kami masih akan akomodir minat masyarakat. Insya Allah bisa ditambah hingga di atas Rp5 triliun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ST009 sukuk tabungan sukuk ritel
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top