Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Commonwealth Optimistis Sukuk Tabungan ST009 Laku Keras

Bank Commonwealth optimistis sukuk tabungan ST009 Laku Keras. Hal ini karena imbalan yang kompetitif merupakan salah satu daya tarik ST009 di mata investor.
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Commonwealth, yang juga merupakan salah satu Mitra Distribusi optimistis angka penjualan sukuk tabungan (ST) seri ST009 akan lebih baik dari seri – seri sukuk tabungan pendahulunya.

Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin menjelaskan, tingkat imbalan yang kompetitif merupakan salah satu daya tarik ST009 di mata investor ritel. Tingkat kupon mengambang ST009 sebesar 6,15 persen lebih tinggi dibandingkan dengan sukuk tabungan seri sebelumnya, serta lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, risiko ST009 juga relatif rendah karena pokok dan imbalan dijamin oleh negara. Kuntungan lain dari ST009 adalah tipe kupon yang floating with floor, apabila terdapat kenaikan pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI), maka tingkat imbalan yang diterima oleh investor ST009 juga naik mengikuti kenaikan tersebut.

“Hal ini menjadikan ST009 sangat cocok sebagai alternatif investasi di tengah tren kenaikan suku bunga saat ini,” jelas Daniel dalam keterangan resminya, Senin (14/11/2022).

Daniel menambahkan, meski tidak diperdagangkan di pasar sekunder, ST009 menyediakan fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya. Hal ini memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST009 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo, tanpa adanya risiko pergerakan harga.

Adapun, untuk meningkatkan penjualan ST009, Bank Commonwealth menawarkan cashback hingga Rp4.000.000 bagi nasabah yang membeli ST009 melalui aplikasi CommBank SmartWealth.

Selain cashback, nasabah yang mengunduh dan melakukan registrasi di CommBank SmartWealth untuk pertama kalinya selama periode program yang berlangsung sampai dengan 31 Desember 2022 juga berhak mendapatkan hadiah berupa saldo e-wallet senilai Rp25.000.

Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 telah dipasarkan sejak hari jumat (11/11/2022). Berdasarkan data yang dilansir dari salah satu mitra distribusi daring Senin (14/11/2022) sekitar pukul 12.15 WIB, total penjualan ST009 telah menyentuh Rp2,99 triliun.

Adapun kuota pemesanan tercantum Rp1 triliun dari target Rp4 triliun. Target tersebut terpantau bertambah dibandingkan dengan pada awal pembukaan penawaran ST009 Jumat lalu pada kisaran Rp3 triliun.

ST009 merupakan seri SBN ritel terakhir yang akan ditawarkan pemerintah pada tahun ini. Sejauh ini, pemerintah telah menawarkan sebanyak 6 seri SBN ritel mulai dari jenis ORI, Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Wakaf Ritel (SWR), hingga Sukuk Ritel (SR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper