Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Genjot Target, Samudera Indonesia (SMDR) Tambah 3 Armada Kapal Baru

PT Samudera Indonesia (SMDR) menambah 3 armada kapal baru untuk mengejar target persusahaan.
Artha Adventy
Artha Adventy - Bisnis.com 09 November 2022  |  16:16 WIB
Genjot Target, Samudera Indonesia (SMDR) Tambah 3 Armada Kapal Baru
Armada PT Samudera Indonesia Tbk. - samudera.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) terus melakukan ekspansi dengan melakukan pembelian tiga armada kapal baru sebagai upaya menggenjot kinerja perseroan pada kuartal VI/2022.

Direktur Utama Pt Samudera Indonesia Tbk. Bani M. Mulia mengatakan jika pihaknya melihat banyak peluang ekspansi bagi SMDR, namun tetap harus hati-hati dan cermat dalam melihatnya. Peluang ekspansi tersebut adalah menambah exposure pada jalur Middle East, India dan Malaysia.

“Tentunya kami hati-hati dalam melihat peluang dan mengambil momentum yang tepat untuk menambah exposure. Meskipun freight rate dunia sedang turun, tren tersebut tidak bisa membuktikan industri pelayaran tidak cerah,” katanya dalam konferensi pers RUPSLB, Rabu (9/11/2022).

Tiga kapal yang sudah dipersiapkan SMDR yaitu kapal chemical tank bernama Sinar Mendawai berkapasitas 20.000 ton yang saat ini berada di Korea menuju China. Kedua kapal Sinar Sanur berkapasitas 28.450 ton. Serta yang terakhir Sinar Kintamani yang baru akan dibeli pada januari 2023 mendatang.

“Perseroan melihat peluang yang menguntungkan dari utilitas kapal. Utilitasi kapal bagi SMDR akan dipertahankan. Tidak mungkin kami meneruskan servis yang tidak baik, kami optimis ekspansi masih berpeluang untuk kapal,” lanjutnya.

Pengadaan kapal-kapal baru ini disebut akan memberikan setidaknya dua dampak positif bagi SMDR, yaitu menambah revenue akhir tahun dimana SMDR akan menjawab permintaan layanan yang terus tumbuh. Kemudian kapal baru juga akan menggantikan kapal sebelumnya menyesuaikan dengan peraturan international water 2023 yang baru.

“Kapal baru memiliki running cost lebih murah dengan produksi yang sama atau bahkan akan lebih tinggi dibanding dengan kapal sebelumnya,” ungkap Bani.

Selain itu perseroan juga akan mengakuisisi sebuah gedung di darerah Kelapa Gading bernama Graha Kirana yang selanjutnya diubah menjadi Graha Samudera. Gedung tersebut terdiri dari 15 lantai dengan luas 1,5 hektar.

Bani mantap mengatakan jika penambahan kapal dan akuisisi gedung menjadi realisasi investasi yang tepat.

“Saya bahagia dengan realisasi investasi beberapa item yang menjadi aset. Akuisisi gedung sesuai kebutuhan dan pengadaan kapal yang berada pada harga yang tepat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smdr kapal
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top