Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ABMM Masuk, Golden Energy (GEMS) Genjot Produksi Batu Bara

PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) akan memacu produksi batu bara mulai tahun depan seiring dengan masuknya PT ABM Investama Tbk. (ABMM).
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 September 2022  |  16:14 WIB
ABMM Masuk, Golden Energy (GEMS) Genjot Produksi Batu Bara
Lokasi tambang PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS). PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) akan memacu produksi batu bara mulai tahun depan seiring dengan masuknya PT ABM Investama Tbk. (ABMM).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten batu bara Grup Sinar Mas PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) berharap bisa menggenjot kinerja hingga menambah produksi tahun depan dengan masuknya PT ABM Investama Tbk. (ABMM) sebagai pemegang saham 30 persen.

Sekretaris Perusahaan GEMS Sudin Sudirman mengatakan bahwa sebelum diakuisisi, anak usaha ABMM, yaitu PT Cipta Kridatama (CK) sudah menjadi kontraktor tambang GEMS di Kalimantan Selatan untuk PT Borneo Indobara (BIB) dan di Jambi untuk KIM Block.

“Semoga ke depan kolaborasi atau sinergi dengan Grup Usaha ABM akan lebih kuat dan membantu pengembangan usaha di GEMS, termasuk penambahan produksi di tahun yang akan datang,” kata Sudin kepada Bisnis, Selasa (20/9/2022).

Lebih lanjut, Sudin mengatakan bahwa GEMS menyambut baik hadirnya ABMM sebagai pemegang saham 30 persen di GEMS.

Pada semester I/2022 sendiri GEMS telah memproduksi 17,6 juta ton batu bara dari target 36 juta-40 juta ton pada 2022, dan mencatatkan penjualan sebanyak 18,1 juta ton.

“Semoga bisa tercapai target setahun penuh [produksi batu bara 36 juta-40 juta ton]” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam rangka mengembangkan kegiatan usaha, ABMM berpartisipasi dalam proses Lelang yang dilakukan oleh GEMS untuk membeli 30 persen sahamnya. Emiten andalan Lo Kheng Hong itu memborong saham GEMS melalui anak usahanya PT Radhika Jananta Raya (RJR).

RJR membeli 1.764.705.900 saham atau 30 persen modal ditempatkan dan modal disetor GEMS yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Pada 15 September 2022, Perseroan dan RJR telah memenuhi seluruh persyaratan pendahuluan dan RJR secara efektif telah menyelesaikan Transaksi Pembelian Saham.

Adapun, harga pembelian saham sesuai POJK 17/2020 yang disepakati adalahUS$420 juta atau setara dengan Rp6,24 triliun (kurs Bank Indonesia 13 September 2022) atau Rp3.536 per saham ditambah dengan pembayaran yang ditangguhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

golden energy gems batu bara Kinerja Emiten abmm lo kheng hong abm investama
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top