Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Naik 3,3 Persen Sepanjang Agustus 2022, Saham Ini Bikin Cuan

IHSG selama Agustus 2022 mencatatkan kenaikan 3,3 persen didukung net buy asing Rp14,6 triliun.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 08 September 2022  |  12:58 WIB
IHSG Naik 3,3 Persen Sepanjang Agustus 2022, Saham Ini Bikin Cuan
Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 3,3 persen sepanjang Agustus 2022 ke level 7.179 karena mendapat sentimen positif dari sejumlah katalis.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina mengatakan, IHSG selama Agustus 2022 termasuk yang terbaik karena kenaikan sebesar 3,3 persen ditopang foreign net flow.

“Hal ini didukung kondisi ekonomi Indonesia yang sangat baik dan bertumbuh kuat setelah pandemi,” ujarnya dalam acara Media Day, Kamis (8/9/2022).

Martha melanjutkan, adanya rilis data ekonomi terbaru yang mencerminkan kuatnya perekonomian Indonesia, pertumbuhan ekonomi di atas ekspektasi, kenaikan suku bunga untuk mengimbangi inflasi serta inflasi pada Agustus 2022 yang berada di bawah ekspektasi termasuk katalis yang meningkatkan kinerja IHSG.

Ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022 tumbuh 3,72 persen secara kuartalan, atau naik 5,44 persen year-on-year (yoy).

Sementara itu, total net buy asing pada Agustus 2022 mencapai Rp14,6 triliun, dan hingga akhir Agustus menembus angka Rp62 triliun.

“Asing memburu saham kapitalisasi besar dan saham perbankan,” imbuh Martha.

Mayoritas indeks selama Agustus 2022 juga menguat, yakni 9 sektor, sedangkan 2 sektor melemah. Beberapa emiten yang menjadi penggerak di antaranya BBCA yang mencatatkan kenaikan 12 persen, ASII yang menguat 10 persen, TLKM naik 8 persen, dan BMRI naik 7 persen

Adapun sektor dengan performa terbaik yaitu IDX INFRA yang mengungguli indeks sektoral lainnya dengan kenaikan 5 persen, disusul IDX ENERGY sebesar 2 persen. Sejumlah saham pun menjadi penopang kedua indeks tersebut, antara lain TLKM, MTEL, ADRO, BUMI, dan MEDC.

Sektor saham dengan performa terburuk selama Agustus 2022 yaitu IDX CYCLICAL dan IDX HEALTH, dengan sejumlah saham sebagai pemberat di antaranya MASA, MNCN, SIDO, dan CARE.

Untuk pergerakan IHSG pada September 2022, pengumuman suku bunga The Fed kemungkinan akan menyebabkan IHSG rawan profit taking.

“IHSG diperkirakan akan bergerak terbatas dan rawan profit taking di bulan ini,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG penggerak ihsg rekomendasi saham agustus mirae
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top