Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cemindo (CMNT) Catat Penjualan Semen di Vietnam Anjlok, Pulih Tahun Ini?

Penjualan Chinfon Cement yang menurun akibat lockdown diperkirakan dapat meningkat tahun ini seiring percepatan proyek infrastruktur Vietnam.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  22:09 WIB
Cemindo (CMNT) Catat Penjualan Semen di Vietnam Anjlok, Pulih Tahun Ini?
Produsen semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk. (CMNT), milik keluarga konglomerat Martua Sitorus, menjadi perusahaan ke-34 yang tercatat di BEI pada 2021. CMNT listing pada Rabu (8/9 - 2021).\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anak usaha PT Cemindo Gemilang Tbk. (CMNT), Chinfon Cement Vietnam, mencatatkan penurunan penjualan semen domestik sebesar 12,5 persen.

Volume penjualan semen domestik Chinfon tercatat 2,7 juta ton pada 2021, turun 12,5 persen dari 3,04 juta ton pada 2020. Padahal, kapasitas semen Chinfon mencapai 5 juta ton pada 2021.

Direktur Utama Cemindo Gemilang Toni Liu mengatakan, penurunan penjualan semen di Vietnam sepanjang 2021 terjadi akibat imbas pandemi Covid-19.

“Penurunan semen di Vietnam akibat lockdown, namun di tahun ini pandemi sudah lebih terkontrol, sehingga penjualan semen berpotensi meningkat,” papar Toni dalam acara paparan publik, Rabu (27/7/2022).

Dia melanjutkan, meski terjadi penurunan volume penjualan domestik di Vietnam, Chinfon Cement tetap dapat mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di wilayah bagian Utara dan Tengah.

Berdasarkan laporan Vietnam National Cement Association (VNCA), secara keseluruhan konsumsi semen domestik di Vietnam mencapai 61,2 juta ton pada 2021, turun sebesar 1,7 persen dibandingkan 2020.

Toni melihat adanya peluang meningkatnya penjualan semen di Vietnam tahun ini, seiring kenaikan produk domestik bruto (PDB) nasional Vietnam sebesar 6,42 persen. Jumlah ini sedikit melampaui target pemerintah Vietnam sebesar 6 persen.

Di sisi lain, pemerintah Vietnam akan menggenjot proyek pembangunan infrastruktur yang sempat tertunda selama pandemi, di antaranya proyek kereta cepat Hanoi ke Ho Chi Minh, second highway Hanoi-Ho Chi Minh, beberapa proyek pelabuhan, dan sejumlah infrastruktur lainnya.

“Melihat tren, kami optimistis pertumbuhan semen domestik di Vietnam akan terus meningkat,” tutup Toni.

Manajemen CMNT meyakini Chinfon Cement dapat meningkatkan kinerja di paruh kedua tahun ini, seiring dengan perputaran ekonomi dan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cemindo gemilang vietnam penjualan semen
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top