Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Melonjak Naik, Data Tenaga Kerja Membaik

Perbaikan data tenaga kerja yang menjadi salah satu pertimbangan kebijakan The Fed membuat Wall Street kompak melonjak.
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Wall Street ditutup melonjak pada perdagangan Kamis (2/6/2022) seiring dengan prospek membaiknya pasar tenaga kerja.

S&P 500 naik 1,84 persen menjadi 4.176,89, Dow Jones naik 1,33 persen menjadi 33.248,02, dan Nasdaq naik 2,69 persen menjadi 12.316.90

Mengutip Yahoo Finance, S&P 500 naik tajam dari pembukaan yang lebih rendah, sementara Dow Jones Industrial Average bertambah 435 poin, atau 1,3 persen. Nasdaq melonjak karena rebound di saham teknologi. Ketiga indeks Wall Street bangkit kembali dari kerugian dua hari berturut-turut dalam awal yang suram.

Pergerakan Kamis datang setelah saham ditutup lebih rendah untuk memulai Juni, memperpanjang rentetan perdagangan yang bergejolak ke bulan baru karena investor tetap fokus pada inflasi dan prospek ekonomi.

"Kami sama sekali bukan pesimis pasar - pada kenyataannya, kami percaya akan ada peluang besar dalam saham di sisi lain dari volatilitas ini kemungkinan masih ada pada paruh kedua tahun ini," kata Ahli Strategi Pasar Teknis Keuangan LPL Scott Brown dalam sebuah catatan Kamis.

Investor menimbang sekumpulan data ketenagakerjaan. Laporan klaim pengangguran mingguan terbaru Departemen Tenaga Kerja menunjukkan aplikasi untuk asuransi pengangguran secara tak terduga turun menjadi 200.000 orang, tanda kondisi pasar tenaga kerja tetap menjadi titik terang dalam perekonomian di tengah meningkatnya kekhawatiran perlambatan.

Di sisi lain, penciptaan lapangan kerja di sektor swasta AS turun tajam bulan lalu ke laju pertumbuhan paling lambat dalam pemulihan era Covid-19, menurut laporan penggajian swasta ADP. Laporan pekerjaan Mei yang sangat penting akan dirilis Jumat.

Pada hari Rabu, laporan lowongan pekerjaan April, juga dikenal sebagai JOLTS, mencerminkan penurunan jumlah lowongan, titik data yang kemungkinan akan dilihat oleh Federal Reserve secara positif karena berfungsi untuk mendinginkan pasar tenaga kerja.

Data manufaktur dari Institute for Supply Management yang dirilis Rabu juga menunjukkan ketahanan ekonomi dan kekhawatiran penurunan mungkin dibesar-besarkan.

Data tersebut bertepatan dengan komentar penggerak pasar dari CEO JPMorgan (JPM) Jamie Dimon yang mengisyaratkan prospek yang lebih suram untuk gambaran ekonomi AS. Pada konferensi Rabu, pemimpin bank terbesar di AS mengatakan ekonomi menghadapi "badai" karena Federal Reserve bergerak maju dengan rencana pengetatan moneternya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper