Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Kompak Melemah setelah Pernyataan Bos JP Morgan

Prospek badai ekonomi AS yang disampaikan Bos JP Morgan Jamie Dimon membuat pasar tarik mundur dari pasar saham AS atau Wall Street.
Seorang pejalan kaki yang memakai masker lewat di depan gedung bursa saham New York Stock Exchange (NYSE), New York, AS, pada Kamis, (22/7/2021)./Bloomberg
Seorang pejalan kaki yang memakai masker lewat di depan gedung bursa saham New York Stock Exchange (NYSE), New York, AS, pada Kamis, (22/7/2021)./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Respons pasar terhadap proyeksi ekonomi AS dari Bos JP Morgan Jamie Dimon membuat Wall Street ditutup melemah pada perdagangan awal Juni 2022. 

Pada penutupan perdagangan Rabu (1/6/2022), Dow Jones turun 0,54 persen menjadi 32.813,23, S&P 500 turun 0,75 persen ke 4.101,23, dan Nasdaq terkoreksi 0,72 persen ke 11.994,46.

Mengutip Yahoo Finance, saham AS melemah selama sesi perdagangan pertama Juni setelah komentar keras dari bos JPMorgan (JPM) Jamie Dimon yang memperingatkan "badai" yang berdampak pada ekonomi AS.

Setelah reli untuk memulai sesi perdagangan, rata-rata indeks saham utama tergelincir menyusul pembacaan yang solid di sektor manufaktur AS, yang segera diikuti oleh komentar Dimon pada konferensi investasi.

Data dari Institute for Supply Management menunjukkan sektor manufaktur AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada Mei, sinyal lain bahwa kekhawatiran penurunan ekonomi AS mungkin berlebihan.

Jamie Dimon membuat gelombang pada hari Rabu dengan komentarnya di konferensi investor. Berbicara di Konferensi Keputusan Strategis Bernstein, Dimon mengatakan ekonomi AS menghadapi "badai" karena Federal Reserve melanjutkan proses normalisasi suku bunga.

Dimon mengatakan dia sebelumnya menyebut tantangan yang akan datang yang dihadapi ekonomi sebagai "awan badai."

"Saat ini, agak cerah, semuanya baik-baik saja," kata Dimon pada konferensi tersebut, menurut transkrip dari S&P Capital IQ. "Semua orang berpikir The Fed dapat menangani ini. Badai itu ada di luar sana di ujung jalan, menghampiri kita. Kami hanya tidak tahu apakah itu badai kecil atau Superstorm Sandy...atau Andrew atau semacamnya. Dan Anda harus menguatkan diri."

Dimon menambahkan bahwa menurutnya industri perbankan dalam kondisi sangat baik, seperti halnya konsumen yang memiliki tabungan lebih dari $2 triliun.

"Pekerjaan berlimpah, upah naik, konsumen belanja," kata Dimon. "[Orang-orang] berpenghasilan rendah, tidak sebanyak sebelumnya, tetapi semua orang, sepertinya mereka memiliki penghematan $2 triliun lebih... Saya tidak berpikir itu akan berhenti... menghabiskan [dalam] 6 atau 9 bulan. Dan bagi saya itu adalah awan cerah di luar sana."

Sementara itu, Kepala Strategi Pasar Keuangan LPL Ryan Detrick dalam sebuah catatan menyampaikan Juni tidak diragukan lagi merupakan bulan yang sangat lemah secara historis, tetapi dalam dekade terakhir ini kuat.

"Namun, setelah kenaikan besar pada akhir Mei, kami tidak akan terkejut sama sekali jika kekuatan baru-baru ini berlanjut menjadi reli musim panas yang potensial."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper